Jakarta, Aktual.com — Gambar terbaru dari ‘Mars Rover Curiosity’ yang dirilis NASA, pada Kamis (20/8) waktu setempat, mengungkapkan 92 foto penampakan pada tanggal 5 Agustus lalu di Planet Mars, dimana Rover berada di wilayah pengeboran batu yang dijuluki “Buckskin” di sebuah bukit yang memiliki ketinggian sekitar 20 kaki di kawasan Marias Pass lereng pegunungan Sharp.

Selain itu, NASA juga merilis foto fenomena ‘stereographic’, dimana langit (cakrawala) berubah menjadi lingkaran – membuat Rover terlihat seolah-olah duduk di atas sebuah Planet Merah tersebut.

NASA mengatakan, bahwa tempat itu dipilih untuk pengeboran karena batu di daerah ini sangat kaya akan kandungan silika dan hidrogen.

Untuk diketahui, Hidrogen merupakan tanda adanya air yang mengikat mineral di dalam tanah, sebut Badan Antariksa asal Amerika Serikat itu dalam situsnya.

“Tanah kedalaman 1 meter di bawah Rover di wilayah ini mengandung tiga atau empat kali lebih banyak air ketimbang tanah di tempat lain, dimana Curiosity telah menjelajah permukaan Mars selama tiga tahun,” kata Igor Mitrofanov dari Space Research Institute, Moskow, mengatakan dalam pernyataannya.

Mitrofanov yakni peneliti utama untuk Rover Dynamic Albedo dari ‘Neutrons instrument’, yang memonitor tingkat hidrogen dalam tanah Planet Merah.

Laboratorium NASA sedang menganalisa sampel tanah Mars untuk dikumpulkan sementara selama pengeboran.

()