Juru Bicara Partai Demokrat, Ruhut Sitompul memperlihatkan catatan dari Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono seputar pemberhentian jabatan juru bicara di ruang Fraksi Demokrat, gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (22/8). Partai Demokrat mencopot Ruhut Sitompul dari jabatan Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat. Pemecatan Ruhut tersebut karena dinilai tidak sesuai lagi dengan kebijakan partai, dan selalu bertentangan dengan arahan Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono. AKTUAL/TINO OKTAVIANO

Jakarta, Aktual.com – Sekretaris Fraksi Demokrat DPR RI, Didik Mukrianto mengaku belum mengetahui kebenaran pengunduran diri Ruhut Sitompul dari jabatan ketua DPP Partai Demokrat (PD) bidang politik, hukum dan keamanan.

“Saya belum tahu dan pastikan apakah benar atau tidak. Nanti DPP akan sampaikan pada kita semua dengan kondisi itu,” kata Didik, di Komplek Parlemen, Senayan, Selasa (4/10).

Menurut Didik, dalam kasus Ruhut Sitompul tentunya internal partai berlambang mercy akan mengambil sikap dan evaluasi terhadap yang bersangkutan. Dan, semua menjadi ranah komite pengawasan dan dewan kehormatan partai.

“Ini tentu menjadi bahan evaluasi kita pasti, DPP secara kelembagaan akan melakukan penilaian secara utuh dan mendalam, proporsional agar apa yang selama ini terjadi akan mendapatkan sikap dan keputusan yang tepat oleh DPP,”ujar dia.

Kendati demikian, sambung Didik, meski ada persoalan yang melibatkan Ruhut Sitompul secara pribadi, hal itu tidak mengganggu kinerja secara kepartaian.

“Konstelasi kinerja partai, soliditas, penguatan basis kader, kelembagaan terus dikuatkan DPP dalam bentuk apapun. Apalagi saat ini, DPP konsen penuh hadapi seluruh pilkada di Indonesia, agar yang dicalonkan Demokrat mendulang kemenangan seperti yang dilakukan pada Pilkada 2015,” tandas anggota komisi III DPR RI itu.

 

*Novrizal

()