Jakarta, Aktual.com – Saham perusahaan jejaring sosial asal Amerika Serikat (AS), Facebook anjlok lebih dari 5 persen setelah seluruh layanannya, termasuk Instagram dan WhatsApp, down secara global selama berjam-jam pada hari Senin (4/10) malam.

Harga saham Facebook diperdagangkan di angka US$325 per saham pada pukul 3.55 sore, sesaat sebelum penutupan di Nasdaq — turun 5,25% dari penutupan sebelumnya US$343,01 per saham pada hari Jumat, menurut angka resmi.

Nilai pasar perusahaan kehilangan sekitar US$50,7 miliar atau berada di level US$915,1 miliar pada saat itu, turun dari US$965,8 miliar pada hari Jumat lalu.

Hal ini juga menyebabkan harta kekayaan pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg ikut merosot US$6,1 miliar atau 5 persen menjadi US$116,5 miliar, menurut Daftar Miliarder Real-Time Forbes di mana ia berada di posisi ke-6 orang terkaya.

Facebook, Instagram, dan WhatsApp mengalami pemadaman sebelumnya di seluruh dunia menurut situs web DownDetector yang melacak pemadaman layanan internet.

Hampir 124.000 pemadaman telah dilaporkan di Facebook, hampir 97.000 di Instagram, dan lebih dari 33.000 di WhatsApp, menurut data terbaru di DownDetector.

“Kami menyadari bahwa beberapa orang mengalami kesulitan mengakses aplikasi dan produk kami,” kata juru bicara Facebook Andy Stone di Twitter. “Kami sedang berusaha untuk mengembalikan semuanya ke normal secepat mungkin, dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini.”

Sementara itu, WhatsApp mengatakan di Twitter bahwa “sadar bahwa beberapa orang mengalami masalah dengan” aplikasi “saat ini”.

“Kami sedang berupaya untuk mengembalikan semuanya menjadi normal dan akan mengirimkan pembaruan ke sini sesegera mungkin. Terima kasih atas kesabaran Anda!” kata perusahaan.

Hingga saat ini, penyebab pemadaman tersebut masih belum jelas.

(Anadolu Agency)

(A. Hilmi)