Surabaya, Aktual.com – Saifullah Yusuf akhirnya menerima Surat Keputusan (SK) sebagai calon gubernur Jawa Timur dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada Pilgub Jatim 2018. SK tersebut bernomor 23947/DPP-03/VI/A.1/X/2017.

Menanggapi penerbitan SK tersebut, Saifullah Yusuf yang biasa disapa Gus Ipul, mengucapkan rasa terima kasihnya.

“Saya sangat berterima kasih pada PKB, khususnya pak Halim (Abdul Halim Iskandar, Ketua PKB Jatim). Sebab, beliau rela mundur menjadi calon di Pilgub, dan merekomendasikan saya untuk maju,” ucapnya di sela sela acara sarasehan verifikasi Partai Politik peserta pemilu 2019, di Surabaya, Jatim, Rabu (11/10).

Dalam kesempatan yang sama, perwakilan DPP PKB Faisol Reza, mengatakan jika Jawa Timur ini menjadi pertaruhan lebih besar dari kekuatan politik yang ada di Indonesia. Artinya, Jawa Timur seperti barometer politik.

“Di desk Pilkada sudah mendapatkan perintah untuk menyampaikan hasil keputusan DPP PKB yang ditunggu-tunggu masyarakat Jatim,” katanya.

Ditempat yang sama pula, Abdul Halim menjelaskan jika PKB telah melakukan konsolidasi dan pembahasan mendalam sebelum mengeluarkan SK kepada Gus Ipul yang saat ini menjabat sebagai Wakil Gubernur Jatim.

Konsolidasi tersebut, kata Abdul Halim, dilakukan mulai tingkat pusat hingga ke daerah-daerah di Jatim.

“Nah, kita sangat sering menggelar pertemuan dengan DPC-DPC PKB terkait Pilkada di Jatim. Dan rekom ini turun tanggal 5 Oktober. Rencananya kita berikan tanggal 6 atau tanggal 7 Oktober. Tapi karena padatnya acara, baru hari ini bisanya,” ucap Abdul Halim.
Laporan Ahmad H. Budiawan

(Ahmad H. Budiawan)

()