Jutaan peserta Aksi Damai 212 melaksanakan Salat Jumat di Jalan MH. Thamrin, Jakarta, Jumat (2/12). Meski berada di tengah guyuran hujan deras, mereka tetap khusyuk menjalankan kewajibannya sebagai muslim. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com – Sebagian massa Doa Bersama 2 Desember bergerak dari pusat kegiatan 212 di Monumen Nasional ke Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (2/12) karena hujan ringan.

“Sudah sejak jam 11.00 WIB saya ke Istiqlal karena gerimis dan akhirnya Jumatan di sini,” kata Abdul (55 tahun).

Dia mengatakan sebagian rekannya yang datang dari Pasuruan, Jawa Timur tetap berada di Monas untuk ikut aksi Doa Bersama 212.

Abdul bersama rekan-rekannya ke Jakarta menumpang kereta api dari stasiun terdekat rumahnya. Kereta dipilihnya untuk menghindari kemacetan di jalan raya menilik akses menuju Jakarta diperkirakan akan padat karena gelombang massa 212 cukup besar.

Massa Doa Bersama 212 berdatangan ke ibu kota dengan salah satu tujuannya untuk melakukan aksi damai menuntut penegakan hukum terkait dugaan penistaan agama.

Berdasarkan pengamatan, sejumlah massa berdatangan ke Istiqlal dari berbagai tempat setelah shalat Jumat. Sebagian lagi pergi menuju Monas dan titik-titik Doa Bersama 212 lainnya.

Setelah shalat Jumat, beberapa posko konsumsi di Istiqlal membagikan nasi bungkus dan air mineral gratis untuk jamaah. Antrian cukup panjang di beberapa titik termasuk di ruangan terbuka yang sedang dilanda gerimis.

Kendati gerimis melanda nampaknya tidak menyurutkan massa untuk beraktivitas di ruang terbuka termasuk perempuan dan anak-anak. Sementara di bagian dalam Masjid Istiqlal juga terlihat beberapa jamaah yang tidak beranjak untuk istirahat, makan atau sekedar berteduh dari gerimis.

(Ant)

(Nebby)