Jakarta, Aktual.com — Wakapolri Komjen Polisi Budi Gunawan mengibaratkan seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi layaknya, sebuah pertandingan. Apalagi, kalangan dari Polri sudah ada yang ikut mendaftarkan diri sebagai pimpinan KPK jilid IV.

“Iya. Pasti yang terbaik yang kita kirim. Ya namanya untuk pertandingan,” kata Wakapolri di Jakarta, Selasa (23/6).

Mantan Kalemdikpol Polri itu mengaku, anggotanya yang sudah direkomendasikan untuk mengikuti seleksi capim KPK merupakan perwira yang berpengalaman di reserse. “Semuanya bagus. Yang direkomendasi pasti yang bagus-bagus,” kata pria yang tenar disapa BG itu.

Sehingga, bekas ajudan Presiden Megawati Soekarno Putri itu berharap, salah satu dari enam perwakilan Polri dapat lolos tes dari tim pansel lembaga antirasuah tersebut. “Mudah-mudahan (masuk). Tergantung panselnya kan. Semoga ada yang mewakili Polri,” ujar jenderal bintang tiga jebolan Akpol 1983 itu.

Berikut enam Pati Polri yang disebut-sebut akan mendaftar dan mengikuti seleksi pansel capim KPK. Kapolda Papua Irjen Polisi Yotje Mende, dan Irjen Syahrul Mamma yakni Pati SSDM Polri yang ditugaskan di Kemenkopolhukam Bidang Kordinasi Keamanan Nasional. Kemudian seorang purnawirawan yaitu mantan Deputi Pemberantasan BNN, Irjen Purnawirawan Benny Mamoto.

Selanjutnya, Brigjen Polisi Basariah Panjaitan, yang menjadi pengajar di Sekolah dan Staf Pimpinan Polri. Kemudian berikutnya, Irjen Polisi Tubagus Anis Angkawijaya, yang kini menjabat Asisten Sarana dan Prasarana Polri. Serta Irjen Polisi V Sambudioyono selaku Deputi Pemberdayaan Masyarakat Badan Narkotika Nasional.

Sekedar informasi, pendaftaran calon pimpinan KPK akan ditutup pada Rabu (24/6) besok. Hingga Senin kemarin, jumlah pendaftar sudah mencapai 218 orang. Diketahui, kalangan advokat, PNS dan dosen masih mendominasi dari keseluruhan pendaftar.

Setelah pendaftaran ditutup, kemudian tim Pansel akan melakukan proses seleksi administrasi pada Kamis-Jumat (26/6). Rencananya, Pansel akan mempublikasikan semua nama pendaftar capim KPK yang lolos seleksi administrasi, pada Sabtu (27/6) mendatang.

(Wisnu)