Bendera partai UMNO dan DAP (Freemalaysiatoday)

Kuala Lumpur, Aktual.com – Politisi senior Mahathir Mohamad menyatakan UMNO saat ini bisa menjalin koalisi politik dengan siapapun, termasuk dengan Partai DAP yang mayoritas diisi etnik China. Mahathir beralasan UMNO juga sudah terbiasa bekerjasama dengan partai berbasis etnik lainnya seperti MIC dan MCA.

“Tergantung kepada Umno. UMNO kan sudah pernah bekerjasama dengan MCA. Dan, MCA pada satu waktu juga kan bersikap ekstrem,” kata dia kepada awak media, seperti dikutip dari Malaysiakini, Minggu (4/3) kemarin.

Mahathir mengeluarkan pernyataan tersebut saat merespon penjelasan pengurus pusat UMNO Tajuddin Abd Rahman yang menyebut kerjasama dengan partai DAP tidak mustahil terjadi di masa depan. Citra partai DAP di kalangan orang Melayu yang kurang baik, membuat kerjasama dengan UMNO selama ini sulit dilakukan.

Mantan Perdana Menteri ini juga menceritakan pengalamannya saat bekerjasama dengan partai DAP selama 22 bulan. Menurutnya, partai DAP harus memahami bahwa Malaysia adalah negara yang terdiri dari banyak etnis.

“Saya sudah bekerjasama dengan DAP, dan partai itu ada kalanya (Bersifat) ekstrem. Tetapi kita bisa bersama-sama dengan mereka. Dan, DAP juga perlu sadar bahwa (Malaysia) negara yang banyak etnis. Anda tidak boleh bekerja hanya untuk kaum sendiri saja,” tambahnya.

Sebagai catatan, partai DAP sebenarnya konsisten menegaskan perjuangan partai itu untuk seluruh rakyat Malaysia, dan bukan berdasarkan satu etnis tertentu. Misalnya, dengan mendorong keanggotaan partai yang tidak berdasarkan latar belakang etnis.

(Megel Jekson)