Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) MOP Affandi Ismail

Jakarta, Aktual.com – Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam MPO (PB HMI-MPO) Affandi Ismail menegaskan bahwa dalam konteks Indonesia yang mayoritas penduduknya muslim sudah sepatutnya pemerintah hadirkan produk vaksin yang jelas kehalalannya.

“Vaksin halal itu berkaitan dengan ideologi, keyakinan. Ini mesti diprioritaskan melihat populasi masyarakat Indonesia adalah muslim,” ujar Affandi dalam dialog Aktual yang diselenggarakan secara virtual di Jakarta, Jumat (21/1).

Karena konsep halal bagi umat Islam, menurut Affandi, akan mendatangkan efek kemaslahatan dan kebaikan yang luar biasa, dan Ini adalah faktor ideologis dan fundamental.

Oleh karena itu, HMI sebagai representasi dari civil society, khususnya masyarakat muslim Indonesia akan mendesak dan mengontrol kebijakan pemerintah bahwa vaksin halal itu menjadi suatu hal prioritas dan sampai kepada masyarakat.

“Bahwa ada beberapa ada produk vaksin yang ternyata belum bersertifikasi halal. Maka ini yang harus kita tentang, komitmen keislaman dan keindonesiaan HMI jangan diragukan,” tegas Affandi.

Affandi juga menyampaikan bahwa HMI akan mendesak dan mendorong pemerintah agar produk vaksin dalam negeri bisa segera hadir.

“Ini yang sampai sekarang belum tahu produknya sejauh mana (vaksin dalam negeri),” kata Affandi.

(Dede Eka Nurdiansyah)