Garut, Aktual.com – Perusahaan telekomunikasi seluler Telkomsel telah memasang mini tower untuk memudahkan wisatawan berkomunikasi maupun mengakses internet di kawasan Taman Wisata Alam Gunung Papandayan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, yang selama ini kawasan tersebut tidak tersedia sinyal telepon seluler.

“Mini tower ini sudah dipasang sebelum lebaran sehingga pengunjung tetap berkomunikasi meskipun ada di sini (gunung),” kata Direktur PT Alam Indah Lestari (AIL), Tri Persada sebagai pengelola Taman Wisata Alam Gunung Papandayan, Garut, Selasa (19/6).

Tri Persada menuturkan, PT AIL sebelumnya meminta ke Telkomsel yang memiliki program membuka jaringan telepon seluler dan internet untuk memudahkan masyarakat berkomunikasi seperti di kawasan pegunungan di Papandayan.

Perusahaan telekomunikasi seluler itu, kata dia, akhirnya menyanggupi dengan tahapan awal membuat mini tower dengan tenaga listrik dari genset.

“Jadi mini tower ini pakai genset, kalau memungkinkan nanti memenuhi kriteria akan dibangun tower di sini,” kata Tri Persada.

Ia menyampaikan, mini tower itu memiliki radius sinyal 2,5 kilometer atau hanya berada di kawasan areal parkir kendaraan dan titik tertentu dengan batas waktu koneksi jaringan mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 20.00 WIB.

“Kami sengaja membatasi waktu dan hanya spot-spot tertentu, karena tujuan mereka datang ke sini adalah menikmati alam, tapi tetap bisa berkomunikasi,” katanya.

Ia menambahkan, tujuan dipasangnya jaringan telekomunikasi itu sebagai bentuk pelayanan kepada wisatawan agar merasa nyaman sekaligus mempromosikan Gunung Papandayan melalui media sosial pengunjung.

“Mereka datang ke sini selalu foto-foto, kalau sudah ada jaringan tentunya foto mereka akan diupload ke media sosial, dan itu menjadi media promosi kami,” katanya.

Taman Wisata Alam Gunung Papandayan memiliki banyak tempat yang menarik untuk dikunjungi wisatawan yakni areal perkemahan, hutan mati, kawah, taman edelweis, ‘cottage’ atau rumah bernuansa alam, dan pemandian air hangat alami.

Antara

(Antara)