Presiden Joko Widodo (Jokowi)/Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden

Jakarta, Aktual.com – Hasil survei yang dilakukan lembaga survei Indikator menunjukkan selama pandemi terus mengalami penurunan. Indikator mencatat tingkat approval rating kinerja Presiden Joko Widodo anjlok ke level terendahnya dalam enam tahun.

Menurut data yang dilansir Indikator menunjukkan pada bulan September tingkat kepuasan terhadap presiden hanya tinggal 58,1% sementara 36,4% responden mengaku tak puas terhadap kinerja presiden.

Tingkat kepuasan atau approval rating kinerja presiden selama pandemi Covid-19 terus merosot dari level 72% menjadi hanya 58% atau terendah sejak bulan Desember tahun 2015 lalu. Ada dua sektor yang menjadi kelemahan pemerintah saat ini yakni di bidang pelaksanaan demokrasi dan ekonomi

“Jadi yang sangat puas atau cukup puas terhadap kinerja presiden secara umum itu 58,1 persen. Kalau kita lihat tren kepuasan terhadap presiden kabar baiknya kalau kita lihat itu masih di atas 50%,” terang Direktur Eksekutif Indikator, Burhanuddin Muhtadi, Senin (27/09).

Menanggapi kepuasan terhadap kinerja ekonomi yang rendah, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengaku seluruh ekonomi dunia memang tak bisa terhindar dari dampak pandemi termasuk Indonesia. Namun demikian, Bahlil mengaku kinerja ekonomi Indonesia cukup baik jika dibandingkan dengan negara-negara lain di Asia Tenggara.

(Nurman Abdul Rahman)