Jakarta, Aktual.co — Terong merupakan makanan asli Indonesia yang mudah Anda temui di setiap pasar tradisional dan juga rumah makan seperti rumah makan padang, Sunda dan juga warteg.

Bahkan tak sedikit ibu rumah tangga yang menampilkan kreasi terong dalam menu masakannya setiap hari.

Namun, tahukah Anda bahwa terong mengandung sedikit kalori, hanya 20 kalori setiap cangkirnya. Selain karbohidrat, yang merupakan kandungan utamanya, terong juga mengandung vitamin serta mineral.  Tapi itu, hanya sebagian kecil dari khasiat terong.

Selain itu,  terong juga dipercaya mengandung senyawa lain yang dapat membantu mencegah kanker dan menurunkan kadar kolesterol.  Berikut ini, senyawa-senyawa dalam terong yang baik bagi kesehatan Anda.

1. Asam Klorogenat
Berdasarkan penelitian, asam klorogenat merupakan senyawa antioksidan yang paling dominan pada terong. Hal tersebut bagus sekali, karena selain merupakan antioksidan, asam klorogenat juga mampu menurunkan kolesterol.

2. Nasunin
Penelitian menunjukkan bahwa nasunin, yang merupakan senyawa antioksidan dalam terong, mampu mencegah terjadinya angiogenesis. Angiogenesis adalah keadaan yang merangsang pertumbuhan pembuluh darah dan menyuplai darah.

Hal ini akan berdampak buruk jika terjadi pada sel kanker, karena sel kanker akan dapat berkembang dan meningkatkan pasokan darah mereka sendiri. Akibatnya sel kanker tumbuh lebih cepat.

3. Serat, Vitamin dan Mineral
Terong juga mengandung serat yang dapat membantu melindungi tubuh dari diabetes dan menjaga sistem pencernaan. Selain itu terong mengandung vitamin A (dalam bentuk beta-karoten), vitamin B, asam folat dan vitamin C. Terong juga kaya mineral, antara lain kalium, magnesium, kalsium, dan fosfor.

Selain manfaat di atas, terong tidak memiliki kandungan lemak, jadi sangat disarankan bagi Anda yang sedang diet. Setelah mengetahui manfaat terong, Anda tentu berminat memasukkannya dalam daftar makanan sehat Anda.

()