Jakarta, Aktual.com – Menteri PPN/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro menyebut penurunan daya beli dan beberapa toko ritel yang tutup karena konsumen banyak yang melakukan belanja secara online, termasuk belanja online dari luar negeri.

Seperti diketahui, industri ritel tanah air belakangan tengah mengalami guncangan. Beberapa ritel ternama bahwa sudah melakukan penutupan gerai di ibu kota, seperti Matahari, Ramayana, Lotus, Debenhams hingga GAP. Hal ini salah satunya diklaim pemerintah dipicu oleh belanja online yang mulai marak.

Menurut Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro hadirnya toko online cukup berpengaruh dan menjadi ancaman. Meskipun saat ini pengaruhnya belum besar.

“Meskipun mungkin porsinya tidak terlalu besar dari belanja ritel jadi belanja online, tapi itu sudah mulai serius ya,” tutur Bambang di Gedung BEI, Jakarta, ditulis Jumat Kamis (15/12).

Apalagi kemudian, diklaim Bambang, meningkatnya laju impor barang konsumsi hingga dua digit di tengah kondisi daya beli yang melesu ditengarai karena adanya peningkatan belanja online.

(Bawaan Situs)