Pesepak bola Timnas Prancis Aymen Sadi (tengah) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Mali Ange Martial Tia (kanan) pada pertandingan semifinal Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Selasa (28/11/2023)

Jakarta, Aktual.com – Timnas Prancis berhasil mencapai final Piala Dunia U-17 2023 Indonesia setelah mengatasi perlawanan sengit dari 10 pemain Mali dengan skor 2-1 pada pertandingan semifinal di Stadion Manahan, Solo, Selasa (28/11).

Prancis mengalami kejutan pada babak pertama ketika gol dari Ibrahim Diarra (menit ke-45+3) memberikan keunggulan untuk Mali. Namun, Les Bleus bangkit di babak kedua dengan mencetak dua gol melalui Yvann Titi (menit ke-55) dan Ismail Bouneb (menit ke-69), memanfaatkan keunggulan jumlah pemain setelah Mali kehilangan Souleymane Sanogo yang mendapatkan kartu merah pada menit ke-54.

Mali memulai pertandingan dengan inisiatif tinggi dan menciptakan peluang emas di awal pertandingan. Meskipun demikian, penampilan gemilang kiper Prancis, Paul Argney, mencegah terciptanya gol dari sepakan jarak dekat Ibrahim Diarra dan tendangan Ibrahim Kanate.

Di babak pertama, Prancis juga mencoba merespons dengan ancaman dari Mathis Lambourde, tetapi kiper Mali, Bourama Kone, berhasil melakukan penyelamatan. Namun, pada menit ke-45+3, kesalahan Argney dalam menghalau crossing memberikan kesempatan kepada Diarra untuk membobol gawang Prancis.

Setelah kehilangan satu pemain, Mali bermain bertahan pada babak kedua. Prancis memanfaatkan situasi ini dan menyamakan skor melalui sundulan Yvann Titi setelah tendangan bebas. Ismail Bouneb kemudian mengubah keadaan menjadi keunggulan Prancis setelah mencetak gol melalui eksekusi tendangan bebas pada menit ke-68.

Walaupun Mali berusaha keras, termasuk tendangan bebas Hamidou Makalou yang membentur mistar pada menit ke-88, Prancis berhasil mempertahankan keunggulan hingga peluit panjang wasit berbunyi. Dengan kemenangan ini, Prancis melangkah ke final dan akan menghadapi Jerman U-17.

Mali akan bertarung memperebutkan tempat ketiga melawan Argentina, yang sebelumnya kalah melalui adu penalti dari Jerman setelah bermain imbang 3-3 pada waktu normal di semifinal.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Jalil

Tinggalkan Balasan