Bogor, Aktual.com – Pelaksanaan upacara bendera secara sederhana dan virtual memperingati hari ulang tahun ke-75 RI, dijadwalkan diselenggarakan pemerintah Kota Bogor di halaman Balai Kota Bogor, tepat pada peringatan kemerdekaan RI, Senin (17/8), mulai pukul 07:00 WIB.

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemerintah Kota Bogor, Rudiyana, melalui telepon selulernya di Bogor, Minggu mengatakan, upacara bendera memperingati puncak acara HUT ke-75 RI diselenggarakan secara langsung maupun tayangan langsung YouTube Pemerintah Kota Bogor.

Menurut Rudiyana, Wali Kota Bogor, Bima Arya, akan bertindak sebagai inspektur upacara. Tamu undangan yang diundang untuk hadir langsung ke halaman Balai Kota Bogor, adalah wakil wali kota Bogor, ketua DPRD Bogor, komandan Pangkalan Udara TNI AU Atang Sanjaya Bogor, komandan Korem 061/Suryakencana Bogor, kepala Polresta Bogor Kota, komandan Kodim 0606/Kota Bogor.

Tamu lainnya adalah, kepala Kejaksaaan Negeri Kota Bogor, kepala Pengadilan Negeri Kota Bogor, Komandan Detasemen PM III/1-Siliwangi Kota Bogor, kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bogor, dan sekretaris daerah Bogor.

Sedangkan, tamu undangan lainnya maupun pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Bogor mengikuti upacara bendera itu secara virtual melalui tayangan langsung YouTube Pemerintah Kota Bogor dari kantornya masing-masing.

Setelah selesai upacara bendera, Arya beserta sejumlah tamu undangan, dijadwalkan akan mengikuti upacara peringatan detik-detik proklamasi dari Istana Negara Jakarta secara virtual di ruang Paseban Sri Bima Balai Kota Bogor, mulai pukul 09:30 WIB.

Sebelumnya, dia mengatakan, peringatan HUT ke-75 RI pada tahun ini berlangsung dalam situasi pandemi Covid-19, di mana seluruh warga negara Indonesia diwajibkan menerapkan protokol kesehatan, pada kegiatan sehari-hari terutama di luar rumah.

Karena itu, kata dia, pada rangkaian peringatan HUT ke-75 RI di Bogor juga harus menyesaikan dengan situasi pandemi Covid-19 yakni menerapkan protokol kesehatan dan tidak menyelenggarakan perlombaan atau kegiatan lainnya yang dapat menimbulkan kerumunan orang.

“Kasus Covid-19 di Bogor meningkat lagi, sehingga harus diantisipasi dan ditekan semaksimal mungkin,” kata dia melalui rekaman video, di Bogor, Jumat (14/8).

Menurut dia, merayakan peringatan HUT RI, tidak harus melalui perlombaan yang dapat menimbulkan kerumunan orang, tapi bisa dengan kegiatan lainnya yang tetap memiliki makna cinta Tanah Air.(Antara)

(Warto'i)