Jakarta, Aktual.com — Kabar pencopotan Komjen pol Budi Waseso (Buwas) dari Kepala Bareskrim Mabes Polri, membuat mental para penyidik tumbang.

Terutama, dalam mengusut kasus tindak pidana korupsi yang menyangkut kepentingan orang tertentu dengan ‘backing’ penguasa.

Demikian disampaikan Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Mabes Polri, Brigjen pol Victor Edi Simanjuntak disela-sela acara diskusi bertajuk ‘kursi Bareskrim digoyang, ada apa?’, di Komplek Parlemen, Senayan, Kamis (3/9).

“Ada salah satu penyidik bilang kabareskrim saja dicopot, apalagi kita. Padahal, kita akan menggeledah satu tempat, kerugian negaranya fantastis, minggu depan kalau keberanian polisi muncul lagi kita kerjakan,” ucap Victor.

Padahal, diakui Victor, sebelum Komjen Budi Waseso masuk menjabat sebagai Kabarekrim, mental penyidik banyak yang tidak berani. Namun, Budi Waseso membangun psikologis penyidik Polri dengan mengatakan untuk berani dalam menjalankan tugas sebagai penyidik.

“Mendidik penyidik supaya berani. Banyak korupsi, bahkan di tengah ekonomi lemah, lalu ada berita (pencopotan) ini, jatuh (mentalnya). Kita takut kalau dicopot semua gimana, terutama penyidik baru,” tandas jenderal bintang satu itu.

()