Wamena, Aktual.com – Wakil Bupati Jayawijaya, Provinsi Papua Marthin Yogobi memotivasi warganya untuk tidak terus menggantungkan hidup dari bantuan pemerintah.

Wabup Marthin Yogobi di Wamena  Ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Minggu mengatakan Pemerintah Pusat sudah memberikan dana desa kepada 328 kampung di sana dan berharap semoga dana dapat dimanfaatkan dengan baik untuk membangun kesejahteraan masyarakat kampung, termasuk fasilitas seperti kantor kampung.

“Jangan terlalu berharap kepada pemeritah daerah dalam pembangunan kantor kampung. Kecuali pembangunan kantor distrik, itu menjadi kewenangan dan kewajiban bupati dan wakil bupati,” ucapnya.

Dikatakan, dana desa yang diberikan pemerintah kepada ratusan kampung di Jayawijaya sangat besar apabila dikelola dengan baik sesuai kebutuhan, termasuk untuk pembangunan fasilitas masyarakat.

“Pembangunan kantor kampung bisa pemerintah campur tangan, tetapi hanya sedikit-sedikit. Tidak bisa semuanya dibebankan kepada pemerintah,” katanya.

Mantan Kepala Dinas Sosial Jayawijaya ini mengatakan kekuatan terbesar untuk membangun kampung berada pada masyarakat, bukan pada pemerintah kabupaten.

“Yang meminta untuk satu wilayah dijadikan kampung itu masyarakat sendiri, artinya masyarakat harus siap untuk membangun daerah itu,” katanya.

Marthin mengatakan pemerintah kabupaten akan tetap memberikan perhatian, terutama pada kegiatan berskala besar yang tidak bisa dibiayai oleh dana kampung, misalnya pembukaan jalan dan pengaspalan serta pembangunan jembatan permanen antardistrik.(Antara)

(Warto'i)