Serang, Aktual.com – Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, meminta seluruh masyarakat termasuk pasangan calon dan tim sukes di daerah yang menyelenggarakan pilkada serentak agar menunggu hasil resmi keputusan KPU terkait dengan pemenang calon kepala daerah.

“Kita tunggu hasil sah dari keputusan KPU di masing-masing kabupaten/kota yang menyelenggarakan pilkada. Jadi, masyarakat harus bersabar menunggu keputusan KPU secara resmi,” kata Andika Hazrumy usai menutup Diklatpim Empat Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Banten di Pandeglang, Jumat (29/6).

Ia mengatakan, secara umum pelaksanaan pilkada serentak di empat daerah di Banten yakni di Kabupaten Lebak, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Serang berjalan aman lancar dan kondusif.

Namun demikian, pihkanya juga menerima sejumlah laporan terkait adanya dugaan pelanggaran-pelanggaran salah satunya politik uang.

“Saya selaku kepala daerah tentunya punya kewajiban untuk menjaga agar pilkada berjalan aman dan lancar. Dan, Alhamdulillah pilkada di empat daerah di Banten sampai saat ini berjalan aman dan kondusif,” kata Andika Hazrumya.

Selain itu, kata dia, selaku pengurus DPP Golkar pihaknya juga akan melakukan evaluasi terkait perolehan suara pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Serang yang diusung Partai Golkar Vera Nurlaela-Nurhasan. Dari hasil hitung cepat kalah dari pasangan calon lainnya.

“Tentu saya selaku pengurus Partai Golkar juga akan melakukan evaluasi secara menyeluruh. Meski demikian, masih menunggu keputusan resmi dari KPU terkait hasil penghitungan suara,” kata Andika.

Hasil Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) Pilkada Kota Serang 2018 yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Serang nomor urut tiga Syafrudin-Subadri Usuludin memperoleh suara terbanyak atau unggul dibandingkan dua pasangan calon lainnya.

Hasil Situng KPU Kota Serang yang merupakan hasil dari model C1 atau sertifikat hasil penghitungan suara, pasangan nomor urut tiga yang diusung PPP, PKS, PAN dan Hanura, Syafrudin-Subadri Usuludin memperoleh suara sebanyak 108.856 suara atau sebesar 38,69 persen.

Dari total TPS yang ada di Kota Serang sebanyak 966 TPS data tersebut sudah semuanya dimasukkan ke dalam situng.

Selanjutnya, perolehan suara untuk pasangan calon nomor urut satu yang diusung Partai Golkar, Demokrat, Nasdem, Gerindra, PKB, PBB, PKPI, PDIP, yakni Vera Nurlaela – Nurhasan meraih 32,15 persen atau sebanyak 90.468 suara.

Tiga pilkada di Banten yang diikuti pasangan calon tunggal atau lawan kotak kosong yakni Kabupaten Lebak diikuti calon tunggal Iti Octavia Jayabaya dan Ade Sumardi yang diusung Partai Nasdem, Golkar, PDIP, Demokrat, PAN, PPP, Hanura, Gerindra, PKS dan PKB. Kemudian Kabupaten Tangerang diikuti calon tunggal Ahmed Zaki Iskandar dan Mad Romli diusung oleh Partai Nasem, Golkar, Demokrat, PAN, PPP, PBB, PKPI, PDIP, Hanura, Gerindra, PKS dan PKB.

Selanjutnya pilkada di Kota Tangerang juga diikuti calon tunggal yakni pasangan Arief R Wismansyah dan Sachrudin yang diusung oleh Demokrat, Golkar, PDIP, PKB, Gerindra, PPP, PAN, PKS, Hanura dan NasDem. Tiga pasangan calon tunggal di tiga daerah di Banten itu berdasarkan hasil hitung cepat semuanya mendapatkan suara terbanyak dibandingkan kotak kosong.

 

Ant.

()