Jakarta, Aktual.com – Wakil Ketua DPR RI Aziz Syamsuddin mengatakan tiga fraksi belum menyerahkan nama-nama untuk ditempatkan di Alat Kelengkapan Dewan (AKD) dan badan-badan di DPR RI.

Ketiga fraksi tersebut adalah Fraksi Partai Demokrat, Fraksi PDI Perjuangan, dan Fraksi PAN.

“Tinggal tiga fraksi yang belum menyampaikan nama, mudah-mudahan nanti malam sudah diserahkan. Kami tunggu hingga pukul 22.30 WIB,” kata Aziz usai Rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPR, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (28/10).

Dia mengatakan, kalau ketiga fraksi tersebut sudah memasukkan nama-nama anggotanya di AKD, maka Selasa (29/10) bisa dilakukan Rapat Paripurna untuk menetapkan keanggotaan tiap AKD.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan Utut Adianto mengatakan fraksinya sudah menyiapkan nama-nama anggotanya di AKD dan tinggal disampaikan kepada Pimpinan DPR.

Namun dia enggan menyebutkan nama-nama kader FPDIP yang disampaikan di tiap AKD.

“Fraksi PDIP sebenarnya sudah siap, tinggal disampaikan saja. Kalau ini kan ditunggu sampai malam ini,” ujarnya.

Anggota Fraksi PAN Yandri Susanto membenarkan bahwa fraksinya belum menyerahkan susunan AKD dan akan diserahkan sebelum Rapat Paripurna Selasa (29/10).

Menurut dia, Senin (28/10) malam dilakukan finalisasi nama-nama untuk ditempatkan di tiap komisi dan Selasa (29/10) akan diserahkan sebelum Rapat Paripurna.

Menurut Yandri, berdasarkan rapat konsultasi pengganti Bamus DPR RI beberapa waktu lalu, fraksinya mendapatkan kursi pimpinan Komisi I, Komisi VIII, Komisi II, Komisi III, Komisi VI.

Fraksi PAN akan konsultasi terlebih dahulu dengan Ketua Umum PAN membahas nama-nama yang akan mengisi posisi tersebut.

(Arbie Marwan)