Jakarta, Aktual.com – Tren K-Pop di Indonesia ikut diperhatikan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Pada peringatan 100 tahun kedatangan orang Korea di Indonesia, Minggu (20/9), Ma’ruf meyakini, itu tak lepas dari hubungan sosial dan kebudayaan antara Korea Selatan dan Indonesia yang cukup kuat.

“Saat ini anak muda di berbagai pelosok Indonesia juga mulai mengenal artis K-pop dan gemar menonton drama Korea,” kata Ma’ruf.

Ma’ruf menilai ketertarikan anak muda Indonesia terhadap Korea juga telah mendorong peningkatan wisatawan Indonesia ke Korea beberapa tahun belakangan ini. Ia juga berharap sebaliknya, wisatawan Korea juga bisa semakin banyak datang ke Indonesia.

Ma’ruf juga melihat peluang tren K-Pop dan Drama Korea yang menjamur menjadi potensi untuk dijadikan inspirasi bagi generasi muda Indonesia dalam membawa budaya Indonesia ke kancah internasional.

“Maraknya budaya K-pop diharapkan juga dapat menginspirasi kreativitas anak muda Indonesia dalam berkreasi dan mengenalkan keragaman budaya Indonesia ke luar negeri,” kata Ma’ruf.

Ia juga bicara hubungan antara Indonesia dan Korea memiliki nilai historis yang tinggi. Ia menyinggung terdapat warga Korea yang menjadi pejuang kemerdekaan Indonesia hingga gugur dan dimakamkan di taman makam pahlawan.

Dari sisi ekonomi, hubungan Indonesia dan Korea terjalin sangat baik dan signifikan. Ia mencontohkan investasi Korea ke Indonesia tercatat semakin banyak masuk ke Indonesia.

“Semakin banyak produk Korea yang diproduksi di Indonesia dan mendapat tempat di hati warga Indonesia. Siapa yang tidak kenal produk Korea seperti Samsung atau LG,” kata Ma’ruf.

Ma’ruf menilai hubungan ekonomi, sosial dan kebudayaan antara warga Indonesia dan Korea menunjukkan kuatnya keterkaitan dan persahabatan antara ke dua negara tersebut.(RRI)

(Warto'i)