Jakarta, Aktual.com – Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyampaikan belasungkawa atas wafatnya Ketua Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Hasanuddin A.F., yang meninggal dunia pada Kamis (10/2) malam pukul 23.00 WIB.

“Saya mengucapkan turut berduka cita yang mendalam atas berpulangnya Prof. Dr. K.H. Hasanuddin A.F., Ketua Komisi Fatwa MUI dan Guru Besar Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta,” kata Ma’ruf Amin dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (11/2).

Ma’ruf Amin mengenang Hasanuddin sebagai sosok yang banyak berkontribusi pada bidang pendidikan dan keagamaan.

“Semasa hidupnya, K.H. Hasanuddin telah banyak memberikan kontribusi kepada bangsa dan negara, baik melalui bidang pendidikan maupun lewat kiprah beliau di MUI,” tambahnya.

Salah satu kiprah Hasanuddin, lanjut Wapres, terlihat dari hasil kajian dan fatwa halal MUI terkait Vaksin Merah Putih.

“Sebelum wafat pun, beliau sempat mengkaji dan menetapkan Fatwa Vaksin Merah Putih hasil pengembangan Universitas Airlangga,” tukasnya.

Peran tersebut menunjukkan komitmen Hasanuddin sebagai ulama yang peduli akan masyarakat dan mendukung upaya Pemerintah dalam penanganan pandemi COVID-19.

“Hal tersebut menunjukkan komitmen dan kerja keras beliau untuk melindungi masyarakat dan umat dari bahaya yang mengancam, khususnya di masa pandemi COVID-19 saat ini,” katanya.

Ma’ruf Amin mendoakan almarhum dan keluarga yang ditinggalkan supaya diberi ketabahan menghadapi ujian tersebut.

“Semoga Allah subhanahu wa ta’ala menerima seluruh amal ibadah K.H. Hasanuddin, mengampuni segala kekhilafannya; serta keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dan ketabahan dalam menghadapi ujian ini,” ujar Wapres.

(Antara)

(As'ad Syamsul Abidin)