Jakarta, Aktual.com — Senior Executive Vice President PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) Muhammad Ali menilai rencana Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan kelonggaran warga negara asing (WNA) membuka rekening di bank dalam negeri akan mendukung pariwisata Indonesia.

“Dengan BRI punya unit kerja hampir di seluruh Indonesia, kelonggaran itu untuk mendukung pariwisata yang ada di daerah, tentunya kami lebih memungkinkan kalau mereka jalan-jalan,” tutur dia usai aktivasi tabungan pelajar di SMA 68 Jakarta, Selasa (8/9).

Muhammad menuturkan sebagian besar tempat pariwasata berada di daerah sehingga segmen BRI yang menyentuh daerah akan mempermudah menjangkau WNA yang berada di daerah-daerah pariwisata.

Apalagi, tutur dia, BRI telah menjalin kerja sama dengan dengan lembaga keuangan internasional untuk mempermudah WNA melakukan transaksi keuangan.

Selain itu, ia menuturkan akan memanfaatkan kebijakan tersebut untuk menambah Current Account Saving Account (CASA) BRI.

“Tentunya juga dengan kebijakan tersebut kami ambil dan tangkap dengan baik, kami akan manfaatkan untuk bisa menambah CASA dengan sekarang diperlonggar syarat-syaratnya itu,” tutur dia.

Sedangkan strategi BRI dalam menyikapi kebijakan tersebut adalah melalui tahapan mitigasi risiko.

(Ant)

(Eka)