Jakarta, Aktual.com — Ketua Umum Partai Hanura Wiranto mengecam penyanderaan dua warga negara Indonesia (WNI) yang diduga dilakukan kelompok bersenjata di wilayah Skowtiau, Distrik Kerom, Papua Nugini.

“Yang namanya menahan orang tanpa alasan tertentu dengan tujuan mengancam, itu kerjaan apa?” ujar Wiranto di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (16/9).

Mantan Menteri Pertahanan dan Keamanan (Menhankam) itu meminta pemerintah, dalam hal ini Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Menteri Pertahanan dan Panglima TNI, segera mengupayakan langkah pembebasan dua WNI yang disandera.

Bahkan, ia meminta pihak yang berwenang untuk mengambil sikap tegas jika upaya persuasif yang telah dilakukan tidak membuahkan hasil.

“Harus segera kita selesaikan dengan baik. Kalau tidak bisa dengan cara persuasif, dengan cara yang keras juga boleh. Penyanderaan tak boleh terulang lagi. Ini sudah terulang berapa kali kan?”

“Ini soal kehormatan dan kedaulatan. Harus diselesaikan cepat. Kedaulatan negara kita telah dinodai dengan penculikan,” tuturnya.

()