Jakarta, Aktual.com – Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke wilayah zona merah penularan COVID-19 di Pasar Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, Senin (1/2).

“Saya hari ini mengajak melakukan kunjungan dadakan, saya memilih Polsek dengan kasus konfirmasi positifnya tinggi, salah satunya di wilayah Kecamatan Pancoran,” kata Irjen Fadil.

Ia menyebutkan, ada tiga aspek yang dilihat dalam kunjungan dadakan tersebut, yakni bagaimana pelaksanaan Kampung Tangguh Jaya.

Kampung Tangguh Jaya adalah sebuah program yang dikembangkan oleh Polda Metro Jaya di sejumlah wilayah untuk mencegah dan menangani pandemi COVID-19 berbasis masyarakat.

“Yang kedua, bagaimana persiapan untuk pelaksanaan swab antigen gratis bagi masyarakat yang kurang mampu” katanya.

Aspek ketiga yakni gerakan Jakarta Bermasker yang dilaksanakan oleh seluruh jajaran Polsek di wilayah hukum Polda Metro Jaya, secara serentak dimulai Senin ini.

Menurut dia, ketiga aspek itu sesuai dengan arahan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang Minggu (31/1) kemarin mendatangi Blok A Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat.

“Mudah-mudahan tiga upaya ini sesuai arahan Kapolri yang kemarin sudah dilaksanakan bersama Panglima TNI di Pasar Tanah Abang. Itu serentak bisa dilaksanakan bersama-sama dengan jajaran Kodim di wilayah,” ujar Fadil.

Apa yang dilakukan oleh Kapolri dan Panglima TNI diteruskan oleh aparat di wilayah, yakni memperkuat optimalisasi peran Kampung Tangguh, pelaksanaan uji usap antigen gratis, serta gerakan bermasker di masyarakat.

“Semua bergerak, dari Kodim juga di tempat yang lain bersama Danramil, Babinsa juga jalan bersama,” ujarnya.

Hasil sidak itu, Fadil menilai penerapan protokol kesehatan di Pasar Kaget Kalibata, Pancoran sudah diawasi ketat oleh petugas.

Ia melihat ada petugas penegak disiplin protokol kesehatan berbasis komunitas di Pasar Kaget Kalibata.

“Kita dukung terus mereka supaya bisa melaksanakan tugasnya dengan maksimal bersama Bhabinkamtibmas dan Babinsa,” kata Fadil.

Sementara itu, Kecamatan Pancoran masuk sebagai wilayah zona merah.

Polres Metro Jakarta Selatan telah melakukan penanganan dengan membentuk Apartemen Tangguh Jaya di Apartemen Kalibata City, pada 21 Januari 2021.

Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Aziz Adriansyah menyebutkan, pihaknya menyentuh wilayah apartemen Kalibata City karena wabah COVID-19 tidak hanya menyebabkan krisis kesehatan tapi juga berdampak pada krisis ekonomi.

“Apartemen Kalibata, salah satu lingkup area paling padat, kalau dibiarkan akan menjadi parah sehingga harus diputus penyebarannya,” kata Azis.(Antara)

(Warto'i)