Jakarta, Aktual.com – Ketua MPR Zulkifli Hasan mengatakan bahwa Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) adalah rumah kebangsaan yang menjadi pengawal ideologi dan kedaulatan rakyat.

“Sebagai rumah kebangsaan, pengawal ideologi dan kedaulatan rakyat, MPR merupakan representasi dari daulat rakyat yang menjembatani berbagai aspirasi masyarakat dan daerah yang mengedepankan etika politik kebangsaan,” ujar Zulkfikli dalam pidatonya, Jumat (16/8).

Dia lalu memberikan contoh bagaimana MPR selalu berusaha menciptakan suasana harmonis antar kekuatan sosial politik dan kelompok kepentingan untuk mencapai kemajuan negara bangsa.

Bukti nyata usaha MPR, ujarnya, bisa dilihat dari bagaimana MPR tidak ikut larut dalam polarisasi yang terjadi saat Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 ketika suasana memanas khususnya dalam kontes pemilihan presiden.

Usaha itu, ujar Zulkifli, dilakukan agar tidak mengorbankan kepentingan persatuan bangsa hanya demi kontes demokrasi yang merupakan agenda rutin yang terjadi setiap lima tahun.

“MPR selalu mengingatkan kepada seluruh komponen bangsa bahwa dalam kehidupan demokratis memerlukan sikap dan tindakan saling menghormati,” tegasnya.

(Abdul Hamid)