Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat bertemu dengan anggota Australia-Indonesia Institute Board di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Rabu (19/5/2022). ANTARA/HO-Kemenparekraf

Jakarta, Aktual.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meluncurkan buku berjudul ‘1.500 Inspirasi: Jelajah Perjalanan Sandiaga Uno’ di Gramedia Matraman, Matraman Jakarta Timur pada Senin (21/11).

Pada peluncuran buku tersebut turut hadir Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan atau akrab yang disapa Zulhas.

Tak hanya Zulhas, ada juga Ketua Kehormatan Partai Demokrat, Hinca Panjaitan, Juru Bicara Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Dahnil Simanjuntak dan CEO Indonesia Medika, Gamal Albinsaid.

Zulhas pun coba kembali mengenang kebersamaannya bersama Sandiaga Uno ketika masa kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2019.

Zulhas mengatakan Sandiaga Uno dinilai sebagai sosok pemimpin inspiratif yang memiliki semangat juang tinggi.

“Yang saya lihat dari sosok Sandiaga ia adalah pekerja keras, apa adanya dan teman yang hangat,” kata Zulhas lewat keterangan tertulisnya, Selasa (21/11).

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu melihat Sandiaga Uno sebagai sosok yang sangat bersemangat.

Sandiaga Uno, katanya, tidak terlihat lelah walau telah menyambangi beberapa daerah untuk menyapa warga setiap hari.

“Dari pengalaman itu, saya bisa mengetahui Pak Sandi itu punya daya juang yang luar biasa dan pantang menyerah. Orang pintar itu banyak, namun orang yang pintar-punya daya juang tinggi dan tidak mudah menyerah itu jarang,” ungkap Zulhas.

“Orang yang jiwanya kokoh itu pasti imannya kokoh. Seperti Pak Sandi yang berambisi besar menjadi gubernur, menjadi pemimpin, tetapi tidak pernah tergoda dan terpengaruh oleh jabatan yang ditanggung, tetap mengabdi pada masyarakat,” lanjut Zulhas.

Senada dengan Zulhas, penulis buku 1.500 Inspirasi: Jelajah Perjalanan Sandiaga Uno, Yuga Aden mengungkapkan Sandiaga Uno merupakan sosok inspiratif.

“Sandiaga sangat spesial, ia sosok pemimpin yang tidak hanya berkata, tapi juga ucapan dan perbuatannya selaras,” kata Yuga.

Yuga menambahkan, sosok Sandiaga Uno seperti yang tercantum dalam bukunya, merupakan pemimpin yang mampu menjangkau daerah-daerah terkecil di Indonesia.

“Terbukti, Sandiaga sebagai pemimpin yang selalu fokus menciptakan lapangan kerja, kebangkitan ekonomi dan kesejahteraan bagi rakyat Indonesia,” ujar Yuga.

Yuga menilai, Sandiaga Uno sebagai pemimpin yang mau mendengarkan keluh-kesah masyarakat yang ditemui di seluruh pelosok Nusantara.

“Beliau juga sigap mengambil tindakan untuk membantu masyarakat, terutama dalam masalah ekonomi,” ungkapnya.

(Wisnu)