Jakarta, Aktual.com — Pria asal Inggris ini menjadi orang pertama di dunia yang menyelesaikan dayung secara tunggal (sendirian) menggunakan perahu di perairan Pasifik.

Ya, John Beeden (53) menggambarkan bagaimana dirinya harus ‘mengayuh lebih dalam’ memakai perahu, di mana ia menghabiskan waktu 209 hari sendirian di laut.

John berangkat dari San Francisco pada 1 Juni 2015 lalu dan tiba di Cairns, Australia, pada ‘Boxing Day’, akhir Desember ini.

John  Beeden
John Beeden

John, yang mendayung rata-rata selama 15 jam dalam sehari tersebut, merasa lega bisa kembali ke daratan.

“Saya tidak berpikir, saya bisa terus dan terus ‘mengayuh lebih kuat’ setelah mendapatkan dorongan ratusan mil, mendayung yang sudah saya capai dan harus mendayung sekali lagi.”

Bahkan, Pendayung John hingga me-tweeted foto dirinya sedang makan kacang jahe di atas laut, di Twitter.

Pria Pasifik Rekor Dunia 4

Untuk diketahui, sebelum John, ada sembilan pedayung yang pernah menyebrangi wilayah laut Pasifik, namun perjalanan tersebut terbagi menjadi beberapa bagian dan tidak sepenuhnya langsung menuju satu tempat.

Pedayung pertama yang menyeberangi perairan Pasifik adalah John Fairfax dan Sylvia pada tahun 1972 silam. Mereka meninggalkan kota San Francisco dan tiba di Pulau Hayman di Australia.

Pria Pasifik Rekor Dunia 3

“Dia pria yang luar biasa, dia berbeda dari banyak orang lain – dia akan selalu berjuang untuk mendapatkan ribuan mil ketika dia mengalami hari yang buruk … dia akan terus mendayung,” kata istri John, Cheryl.

“Dia bisa melakukannya, itu hanya jarak yang jauh lebih lama dari yang kami rencanakan. Dan, saya senang bahwa dia nanti tiba di rumah dan selamat.” (Sumber: Metro.Co.Uk, Daily Mail)

Artikel ini ditulis oleh: