Sebuah pesawat melintas sebelum terjadinya puncak gerhana matahari di Kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (9/3). Gerhana matahari total dapat terlihat dari sejumlah wilayah di Indonesia, namun di Jakarta terlihat sebagai gerhana matahari sebagian dengan fase umbra sekitar 76% selama sekitar 1,5 jam yang dimulai pukul 06.55 WIB. AKTUAL/TINO OKTAVIANO

Jakarta, Aktual.com — Tak hanya di Masjid Istiqlal, ternyata di Masjid Agung At-Tin Taman Mini Jakarta Timur, Rabu (9/3) pag juga melakukan Salat Gerhana Matahari Total. Sekitar lima sampai enam ribu umat islam sudah memadati masjid ini dari jam 06.00 WIB.

“Kira-kira hari ini ada sekitar lima sampai enam ribu jamaah yang datang untuk melakukan salat gerhana matahari,” ujar DKM Masjid At-tin kepada Aktual.com.

Sementara warga Pondok Gede, Bekasi Novianti 27 tahun merasa solat gerhana matahari, yang dilakukan di Masjid At Tin seperti hari raya Idul Fitri.

“Ramai juga seperti salat ied gitu rasanya, soalnya kan jarang-jarang salat seperti ini selain salat Idul Fitri dan Idul Adha. Saya juga bersyukur bisa ikut melaksanakan salat gerhana matahari ini, soalnya kan jarang banget bisa salat ini dan belum tentu juga tahun-tahun kedepan bisa melakukannya lagi,” ujar Novianti.

Salat gerhana matahari di Masjid At-Tin kali ini diimami oleh Ustad Solehudin dan khotib Ustad Syarif Hidayatullah. “Gerhana merupakan kebesaran Allah SWT, apabila melihatnya umat Islam disunahkan untuk salat, banyak bertasbih dan bersodaqoh,” kata Ustad Syarif saat memberi khotbah.

Sebagian jamaah yang telah selesai melakukan salat gerhana, mereka berkumpul di halaman Masjid At-Tin untuk menyaksikan terjadinya gerhana matahari.

“Saya sama keluarga datang kesini niatnya mau ikut salat gerhana matahari, ternyata kita terlambat datangnya. Kalau dibilang sayang pasti sayang soalnya kan salat ini hanya bisa dilakukan kalau ada gerhana saja,” ujar Sugianto 35 tahun, seorang warga datang dari kampung artis, Ceger, Jakarta Timur.

Sekedar informasi, Fenomena Gerhana Matahari Total (GMT) melewati 12 provinsi di Indonesia. Jakarta hanya kebagian gerhana matahari parsial.

Ketertutupan matahari di Jakarta mencapai 88.74 persen dengan waktu pukul 06.19 WIB bulan dan matahari mulai bersinggungan, pukul 07.21 WIB gerhana matahari total, dan pukul 08.31 WIB gerhana selesai.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Wisnu