Jakarta, Aktual.com — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengusulkan agar gaji Presiden Republik Indonesia dan kalangan anggota DPR RI dikurangi beberapa persen, sebagai salah satu upaya mengatasi krisis ekonomi akibat terus melemahnya nilai tukar rupiah.

“Saya usul agar gaji presiden dan DPR dikurangi, bukan justru minta naik pada kondisi perekonomian seperti saat ini,” katanya di Semarang, Minggu (20/9).

Ganjar mengaku tidak setuju dengan adanya usulan kenaikan gaji presiden dan anggota DPR RI yang diutarakan sejumlah kalangan karena menilai hal tersebut tidak tepat serta kurang bijaksana.

Menurut Ganjar, para anggota DPR RI seharusnya malu jika dalam kondisi krisis ekonomi justru mendapatkan kenaikan gaji beserta tunjangan-tunjangan yang lain.

“Kalau saya malulah, ‘masak’ bicara soal pendapatan individual di tengah kondisi ekonomi seperti sekarang,” ujar politikus PDI Perjuangan itu.

Kenaikan gaji presiden dan anggota DPR RI itu bisa diusulkan kembali jika kondisi perekonomian di Indonesia sudah membaik serta nilai tukar rupiah menguat.

(Ant)

()