Ketua Nasional Tim Alpha Relawan Capres dan Cawapres Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Rieke Diah Pitaloka (kiri), Ketua Umum Gerakan Pemuda (GP) Anshor Yaqut Cholil Qaumas (kanan) bersama kader Tim Alpha menujukkan poster #2019TetapPancasila saat deklarasi di Jakarta, Kamis (13/9/2018).

Jakarta, Aktual.com – Menjelang Pemilihan Umum Dewan Perwakilan Rakyat maupun Presiden dan Wakil Presiden, berbagai kepentingan turut meninggikan tensi masyarakat Indonesia. Namun apapun pilihan masyarakat Indonesia, ideologi harus tetap Pancasila. Demikian dikatakan Ketua Umum Konfederasi Rakyat Pekerja Indonesia Rieke Diah Pitaloka.

“Apapun pilihan politik masyarakat Indonesia, ideologi harus sama yaitu tetap Pancasila,” ujarnya di Jakarta, Kamis (13/9).

Selain itu, pihaknya memberikan dukungan penuh kepada MPR RI untuk segera melakukan Amandemen Terbatas atas UUD 1945″, dengan menegaskan pada batang tubuh: Ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah Pancasila. Majelis Permusyawaratan Rakyat juga seharusnya dikembalikan fungsinya sebagai Lembaga Tertinggi Negara yang kembali memiliki wewenang menetapkan garis-garis besar haluan negara yang berlandaskan pada haluan ideologi Pancasila.

“Kami mendukung Presiden Jokowi untuk membentuk Badan Riset dan Inovasi Nasional yang bertugas melakukan riset dan inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi, yang akan menjadi basis keputusan program pembangunan di seluruh bidang kehidupan dan penghidupan berbangsa dan bernegara yang sesuai dengan amanat Pancasila dan UUD 1945,” jelasnya.

Ketua Umum Gerakan Pemuda (GP) Anshor Yaqut Cholil Qaumas mengatakan secara prinsip mendukung langkah Rieke meluncurkan tagar #2019TetapPancasila.

“Dari awal saya tidak tahu apa kemauan Rieke. Tapi saya beranggapan apa yang Rieke mau, itu pasti untuk kebaikan.  Tagar ini menarik ditengah maraknya isu keagamaan. Isu ini harus dihilangkan dan dikembalikan ke Pancasila karena kita semua hidup di tempat yang sama,makan di tempat yang sama, bahkan dikubur di bumi yang sama,” jelasnya.

Dirinya mengaku bukan bagian dari tim Alpha, namun mengaku murid Ma’aruf Amin. “Namun saya percaya Rieke untuk kebaikan,” jelasnya.

Untuk diketahui, Rieke juga menjabat Ketua Tim Alpha yang beranggotakan beberapa politisi di tingkat kabupaten, khususnya yang berasal dari partai koalisi Jokowi-Amin, lintas agama dan kepercayaan kepada Tuhan YME, jaringan tani dan nelayan, serta pekerja Indonesia lainnya. Tim Alpha adalah relawan pasangan Jokowi-Amin.

(Eka)