Jakarta, Aktual.com — Dikunjungi Presiden Finlandia Sauli Niinisto, Gunernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengaku hanya membicarakan perkembangan ekonomi serta menggali potensi kerjasama dalam menghadapi berbagai tantangan.

“Tadi Presiden dari Finland datang, kita membicarakan secara khusus mengenai ekonomi,” kata Agus Martowardojo di Jakarta, Rabu (4/11).

Kepada Presiden Finlandia, Agus mengatakan bahwa ia membicarakan perkembangan ekonomi Asean, Euro Zone dan kondisi ekonomi dunia.

Sedangkan Presiden Finlandia kata Agus menceritakan kepadanya mengenai Ekonomi Finlandia sebai bagian dari Euro Zone.

Finlandia memiliki ekonomi yang cukup kuat terang Agus, akan tetapi ketika tahun 2008/2009 ekonomi Finlandia mengalami pelemahan. Penurunan permintaan ekonomi dunia berdampak kepada negara tersebut.

“Andalan ekspor produk Nokia dari Finland mengalami tantangan, apalagi sekarang ada pengaruh penurunan ekonomi Europe, belum lagi Rusia sedang kondisi disanksi, ini berdampak kepada finland,” terangnya.

Diketahui dalam tiga tahun ini, Finland mengalami resesi, dari itu menurut Agus, penting untuk melakukan tukar menukar informasi.

(Arbie Marwan)