Jakarta, Aktual.com — Anggota Komisi III DPR RI, Dwi Ria Latifa menyebut Terpidana Korupsi Gayus Tambunan adalah sosok luar biasa. Meskipun harus mendekam di balik jeruji, namun bisa bebas berkeliaran di luar lembaga pemasyarakatan.

“Saya bilang gayus luar biasa. Saking luar biasanya bisa nonton Tenis di Bali pakai duit lagi. Kemudian sekarang makan di rumah makan dengan alasan pembenar seolah-seolah pembenar satu paket dengan pegadilan agama sidang cerai. kenapa luar biasa ? Ini orang kok meledek amat. So, itu sudah keterlaluan,” ujar Dwi Ria dalam diskusi ‘Bebas Lepas di Lapas,” di Cikini, Jakarta, Sabtu (26/9).

Dwi Ria menyebut Gayus layaknya Dirut PT Pelindo, RJ Lino yang dinilainya menguasai penguasa. Sebagaimana diketahui, Lino sempat membuat gaduh saat menghubungi beberapa Menteri dan dianggap menakut-nakuti pemerintah.

“Saya masih teringat juga dua orang yang saya anggap hebatnya adalah gayus tambunan dan RJ Lino yang tunjukkan seperti sangat hebat penguasaannya terhadap satu sistem, bisa menguasai penguasa atau pemimpin dalam satu instansi. Entah itu karena hubungan emosional atau karena uang,” cetusnya

Sebagai praktisi hukum yang bergelut selama 25 tahun sebelum duduk sebagai anggota dewan, Dwi Ria mengatakan hak seorang napi untuk bisa keluar dari Lapas jika ada hal yang mendesak. Seperti menikahkan anak, mengurus waris atau perceraian.

Meskipun demikian lanjutnya, tidak berarti hal itu dijadikan alasan pembenaran untuk jalan-jalan.

Politisi PDIP ini menambahkan, dirinya tak yakin hanya Gayus yang bebas lepas diluar lapas. Ia yakin masih banyak terpidana ber-uang yang melakukan hal serupa.

“Kalau mau jujur saya nggak yakin hanya seorang Gayus melakukan ini. Mari kita telusuri, cuman yang ketangkap basah Gayus karena ini orang memang meledek. Atau punya agenda lain ingin memukul atau menghajar. toh dia sudah 30 tahun penjara,” tandasnya

(Arbie Marwan)