Jakarta, aktual.com – Jogjakarta terkenal dengan warisan budayanya. Mulai dari peninggalan candi, keraton, hingga warisan budaya tak benda, seperti tari-tarian, musik, dan upacara adat. Berbagai hal tersebut kemudian menjadi magnet yang mengundang wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri.

Destinasi wisata yang tersedia di Jogja tidak melulu wisata budaya saja. Bila ingin berwisata alam, kita bisa berkunjung ke pantai-pantai indah yang ada di sana atau ke daerah lereng merapi, menikmati suasana sejuk pegunungan. Jogjakarta juga merupakan salah satu kota yang ramah anak karena tersedia berbagai tempat wisata khusus anak dan keluarga.

Liburan kali ini, tidak ada salahnya mengajak anak-anak untuk berlibur dan menikmati keramahan Jogjakarta. Ajak mereka untuk berekreasi dan berpetualang di tempat-tempat berikut ini:

Kids Fun Parcs
Alamat: JL. Wonosari Km 10, Jogjakarta

Kids Fun Parcs memiliki kurang lebih 26 wahana permainan. Dari 26 wahana tersebut, 23 di antaranya merupakan wahana khusus anak-anak. Selain itu, terdapat pula wahana anak dan wahana adrenalin. Beberapa wahana yang tersedia di sana, seperti aqua bike, arung jeram, funny boats, luncur gantung, bumper car, dan lainnya.

Bagi anak-anak yang suka bermain air, dapat mencoba wahana aqua splash yang dilengkapi dengan kolam arus, ember tumpah, dan seluncuran setinggi 7,5 meter. Untuk yang suka tantangan, wahana panjat dinding dan zyclon coaster bisa juga dicoba.

Taman Pintar
Alamat: JL. Panembahan Senopati No. 1-3, Gondomanan, Jogjakarta

Sesuai mottonya, mencerdaskan dan menyenangkan, Taman Pintar mengajak anak-anak untuk bermain sambil belajar. Wahana-wahana yang ada di Taman Pintar dirancang khusus sebagai alat peraga pembelajaran, tetapi dengan konsep yang lebih menyenangkan. Beberapa wahana tersebut, seperti pipa bercerita, dinding berdendang, dan sepeda spektrum warna yang berada di area playground.

Di bagian dalam Taman Pintar, terdapat juga wahana-wahana sains lain yang lebih menyenangkan dan mendidik. Wahana-wahana sains tersebut dikelompokkan ke dalam beberapa bangunan, seperti planetarium, gedung kotak, gedung oval, dan gedung PAUD.

Museum Gunungapi Merapi
Alamat: JL. Kaliurang Km. 22, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Sleman

Mengusung konsep rekreatif-edukatif, MGM merupakan salah satu museum yang khusus menyediakan informasi seputar kegunungapian dan bencana geologis lainnya. Informasi lain yang bisa anak-anak dapatkan, seperti suberdaya gunung api, mitigasi bencana gunung api, fenomena terbentuknya gunung api, dan informasi aspek sosial budaya.

Museum Ullen Sentanu
Alamat: Jl. Boyong No.KM 25, Kaliurang, Hargobinangun, Sleman

Masih di daerah Sleman, Museum Ullen Sentanu saat ini menjadi salah satu tempat wisata hit dan terbaik yang ada di Jogjakarta. Di tempat ini, kita bisa mendapatkan informasi seputar seni budaya Jawa dari zaman Mataram.

Koleksi yang terdapat di Museum Ullen Sentanu di antaranya adalah, gamelan, lukisan, batik, dan lain-lainnya. Lokasinya yang berada di lereng merapi dan di antara rimbunan pohon, membuat museum ini memiliki hawa yang sejuk dan menyegarkan.

Upside Down World
Alamat: JL. Ring Road Utara Jl. Utama, Puyeran, Maguwoharjo

Ingin merasakan sensasi berjalan di atas langit-langit rumah dan melawan gravitasi? Silakan berkunjung ke Upside Down World Jogjakarta. Sesuai namanya, tempat wisata ini menawarkan ruangan terbalik sebagai daya tarik utamanya.

Untuk berfoto, Anda tidak perlu harus membalikkan badan, karena properti pendukung sudah diletakkan dalam posisi terbalik. Terdapat 12 titik foto yang bisa digunakan. Semua properti pendukung yang ada juga sudah ditata sedemikian rupa sehingga keamanannya terjaga.

Sebelum berpetualang keliling Jogjakarta, Anda dan keluarga bisa memesan penginapan murah di Jogja lewat aplikasi atau website Airy. Selain melayani booking hotel murah online, Airy juga melayani pembelian tiket pesawat dan kereta api. Nah, tunggu apa lagi? Yuk, kita liburan akhir tahun di Jogja.

(Zaenal Arifin)