Dituding Menyesatkan, Ini Jawaban Zulkifli Hasan soal Utang Pemerintah

Menanggapi hal tersebut, Zulkifli Hasan menuding balik dan mengatakan bahwa Sri Mulyani yang menyesatkan publik. “(yang) Menyesatkan itu Menteri Keuangan bukan ketua MPR ya,” ujar Zulhas.

Dirinya menilai aneh tudingan ‘politis’ yang disematkan Sri terhadap kritiknya. Sebab, MPR/DPR adalah lembaga politik yang memiliki kewenangan berbicara soal politik. “Ini MPR/DPR adalah lembaga politik, jadi ngomong politik tempatnya,” sebutnya.

Terkait data utang pemerintah, Zulhas menjelaskan panjang-lebar dalam beberapa lembar kertas yang berisikan data utang pemerintah. Zulhas merujuk pada pernyataan Sri yang sempat berbicara soal jatuh tempo utang pemerintah senilai Rp 409 triliun.

“Sri Mulyani sendiri bilang utang, Menteri Keuangan menyatakan utang jatuh tempo mencapai Rp 409 triliun rupiah pernyataan beliau loh di APBN 2018 akan memberatkan anggaran di tahun 2019 nanti. Jadi yang menyesatkan itu menteri keuangan, anggaran kesehatan kata mereka sendiri Rp111 triliun, kalau bayar utangnya Rp409 triliun apa enggak 4 kali?,” jelasnya.

Selanjutnya, Utang dan Investasi

(Eka)