Banda Aceh, Aktual.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa berkekuatan 4,4 pada skala Richter (SR) mengetarkan wilayah Kabupaten Aceh Selatan, Rabu (26/12) pukul 17.23 WIB.

BMKG Stasiun Geofisika Mata I’e Banda Aceh, menyatakan, titik koordinat gempa ini berada di 3,11 lintang Utara, dan 97,28 bujur Timur.

Pusat gempa kali ini terjadi di darat pada jarak sekitar 23 kilometer arah Barat Daya Aceh Selatan Pidie dengan kedalaman 10 kilometer.

Masyarakat yang tinggal di Tapaktuan, ibu kota Kabupaten Aceh Selatan merasakan getaran gempa antara II hingga III skala Modified Mercalli Intensity (MMI).

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui dampak terutama terhadap kerusakan bagunan di wilayah Aceh Selatan, dan sekitarnya.

Maskur Abdullah, salah seorang wartawan yang sedang berada di Tapaktuan mengatakan, masyarakat sekitar berhamburan menghindari gedung

“Saat menikmati kopi sanger di Kota Naga (julukan) Tapaktuan, tiba-tiba dikejutkan oleh gempa. Kami berhamburan lari keluar warung. Goncangan hanya berlangsung beberapa detik. Alhamdulillah aman,” katanya.

Ant.

(Teuku Wildan)