Sejumlah kendaraan melintasi ruas jalan tol lingkar luar Jakarta W2 di Jakarta, Selasa (18/9). Pemerintah akan menerapkan kebijakan integrasi transaksi tol sebagai tahapan menuju transaksi tol menerus atau multi lane free flow (MLFF) yang akan diberlakukan pada akhir September 2018, penggunaan tol JORR sepanjang 76 km akan dikenakan satu tarif yakni Rp 15.000 untuk kendaraan golongan I, sedangkan untuk kendaraan golongan II dan III yakni Rp 22.500 dan untuk kendaraan golongan IV dan V akan dikenakan tarif Rp 30.000. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com – Korlantas Polri akan memberlakukan sistem satu arah atau one way di Tol Trans Jawa pada Jumat sejak pukul 06.00 WIB untuk mengantisipasi kendaraan para pemudik yang bergerak dari Jakarta seusai santap sahur.

“Rencana jam 6 pagi, karena mengingat banyak yang bergerak dari Jakarta setelah sahur. Jadi jam 6 kami sudah mulai (one way),” tutur Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Benyamin saat dihubungi, Jumat (31/5).

Sistem satu arah atau one way diberlakukan oleh Kepolisian untuk mengantisipasi lonjakan jumlah kendaraan pada puncak arus mudik dan arus balik di tol.

One way diberlakukan di Tol Trans Jawa mulai dari kilometer 70 Cikampek Utama hingga kilometer 263 Brebes Barat.

Waktu pelaksanaan One Way mulai dari 30 Mei hingga 2 Juni 2019.

Sementara pada musim arus balik pada 8 Juni sampai dengan 10 Juni 2019, sistem one way mengarah ke Jakarta diberlakukan mulai kilometer 263 Brebes Barat menuju kilometer 70 Cikampek Utama.

(Abdul Hamid)