Sedangkan student visa diberikan kepada siswa atau mahasiswa yang menempuh masa pendidikan dalam jangka waktu studi tertentu dan harus kembali segera setelah masa studi tersebut selesai. Sedangkan temporary-worker visa diberikan kepada pegawai atau pekerja yang melakukan proyek di luar negeri selama jangka waktu tertentu. Begitu masa kerja usai, maka ia harus kembali ke negara asal.

3. Dilihat dari Bentuk dan Biaya Pembuatan
Perbedaan yang mencolok terlihat dari bentuk dokumen paspor dan visa. Paspor memiliki bentuk berupa buku yang berisikan data diri lengkap dengan tanda tangan serta halaman kosong berjumlah 24 hingga 48 halaman. Halaman kosong inilah yang nanti akan diisi dengan stempel atau stiker visa. Ini artinya, Anda bisa memiliki paspor tanpa harus memiliki visa.

Tapi untuk memiliki visa, Anda harus memiliki paspor terlebih dahulu. Biaya dari pembuatan paspor berkisar di angka Rp 155.000 hingga Rp 355.000. Sedangkan untuk biaya pembuatan visa berbeda-beda bergantung dari kebijakan yang dimiliki oleh masing-masing negara tujuan.

Visa-on-Arrival, Apakah Itu?
Visa-on-Arrival merupakan bentuk visa yang dapat langsung dibuat saat Anda tiba di negara tujuan. Ini artinya Anda tidak perlu repot-repot mengurus permohonan visa yang belum tentu negara tujuan akan menerimanya. Visa-on-Arrival umumnya berlaku bagi negara-negara sahabat.

Ini tentunya sangat mempermudah Anda dalam merencanakan liburan karena tidak perlu mengeluarkan uang dan waktu untuk membuat visa sebelum keberangkatan. Proses pembuatan visa-on-arrival dapat Anda lakukan langsung di loket-loket yang ada di bandara kedatangan. Namun jangan lupa untuk membawa dokumen-dokumen yang Anda perlukan untuk membuat visa ini.Keuntungan Berkunjung ke Negara dengan Visa-on-Arrival

Ingin liburan yang berkesan dan hemat biaya? Berkunjunglah ke negara-negara yang memperbolehkan Visa-on-Arrival. Berikut adalah keuntungan berwisata ke negara-negara tersebut:

1. Menghemat Biaya
Pembuatan visa tentunya akan memakan biaya administrasi yang tidak sedikit. Sehingga mau tidak mau Anda juga harus menjadikannya sebagai bahan pertimbangan saat menyusun budget untuk berwisata ke luar negeri. Bahkan tidak jarang ada beberapa negara yang meminta biaya administrasi pembuatan visa hingga jutaan rupiah.

(Abdul Hamid)