Tentunya jika sampai visa Anda ditolak, Anda akan mengalami rugi dari segi keuangan. Namun dengan mengunjungi negara yang memberlakukan Visa-on-Arrival, biaya pembuatan visa pun akan terasa jauh lebih hemat. Anda juga tidak perlu harap-harap cemas menantikan permohonan visa Anda akan diterima atau tidak.

2. Dapat Merencanakan Liburan dengan Hati Tenang
Ketika Anda berkunjung ke suatu negara yang memberlakukan permohonan visa, maka kemungkinan liburan Anda harus batal atau paling tidak tertunda tetap ada. Sedangkan jika Anda mendatangi negara dengan kebijakan VoA akan menerima dengan tangan terbuka.

Tentu saja dengan catatan bahwa Anda tidak melakukan tindakan kriminal yang tentunya dapat mengakibatkan Anda dideportasi. Selama Anda menjaga sikap dan menjunjung norma yang berlaku, tentunya liburan Anda di negara-negara tersebut akan terasa menyenangkan.

3. Anda Dapat Pergi Kapanpun Anda Mau
Proses pembuatan visa tentunya akan memakan waktu yang cukup lama, apalagi saat musim liburan. Bahkan Anda harus mengajukan permohonan visa tersebut paling tidak 2-3 bulan sebelum keberangkatan. Namun dengan berkunjung ke negara VoA, Anda tidak perlu menunggu dalam waktu yang lama karena seluruh proses pembuatan visa dapat dilakukan setelah Anda sampai tujuan.

Jadi Anda dapat berangkat kapanpun Anda mau. Tentu saja pastikan bahwa Anda berangkat dengan persiapan yang matang.

Negara-Negara yang Dapat Anda Kunjungi Tanpa Visa
Percaya atau tidak, Indonesia merupakan negara dengan paspor terkuat, lho. Bayangkan saja, dengan menggunakan paspor saja, Anda bisa mengadakan kunjungan ke 70 negara tanpa perlu mengajukan permohonan visa.

Wah, Anda wajib bangga nih menjadi rakyat Indonesia. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah daftar negara bebas visa dikelompokkan berdasarkan zona wilayah.

1. Zona Asia
Sebagai salah satu anggota ASEAN dan partisipan Konferensi Asia-Afrika, Indonesia menjalin hubungan diplomasi yang sangat baik dengan negara-negara berikut ini. Sehingga tidak heran jika Anda dapat mengunjungi negara-negara ini tanpa harus membuat visa terlebih dulu. Negara-negara tersebut yaitu Vietnam Uzbekistan, Thailand, Sri Lanka, Singapura, Filipina, Myanmar, Malaysia, Makao, Laos, Hong Kong, Kamboja, dan Brunei. Sedangkan beberapa negara Asia seperti Timor Leste, Tajikistan, Pakistan, Nepal, Maladewa, dan Kyrgyzstan memberlakukan Visa on Arrival.

(Abdul Hamid)