2. Zona Afrika
Sedangkan untuk Zona Afrika, hampir seluruh negara di kontinen tersebut memberlakukan Visa on Arrival untuk rakyat Indonesia yang ingin berkunjung. Negara-negara tersebut antara lain Zimbabwe, Uganda, Togo, Tanzania, Sierra Leone, Seychelles, Rwanda, Mauritus, Madagaskar, Kenya, Gabon, dan Kepulauan Comores. Sedangkan Gambia, Namibia, Maroko, Mali, dan Gambia memperbolehkan kunjungan bebas visa.

3. Zona Eropa
Dari semua negara Eropa, hanya dua negara yang memperbolehkan kunjungan bebas visa. 2 negara tersebut adalah Belarusia dan Serbia. Sedangkan untuk destinasi negara populer seperti Perancis dan Jerman mewajibkan Anda untuk mengajukan permohonan visa Schengen untuk tujuan wisata maupun bisnis.

4. Zona Timur Tengah
Bagi Anda yang ingin mengunjungi negara Timur Tengah, hanya Qatar yang memperbolehkan kunjungan bebas visa. Sedangkan 4 negara lainnya, yaitu Armenia, Azerbaijan, Iran, dan Jordan mewajibkan Anda untuk mengurus Visa on Arrival setelah Anda tiba di negara tersebut.

5. Zona Oseania & Karibia
Bagi Anda yang ingin berwisata di kawasan zona Oceania, beberapa negara di zona kepulauan tersebut memperbolehkan kunjungan tanpa harus mengurus visa terlebih dulu. Negara-negara yang memperbolehkan Anda masuk tanpa visa antara lain Kepulauan Fiji, Kepulauan Cook, Micronesia, dan Niue. Sedangkan untuk negara yang memperbolehkan Visa-on-Arrival antara lain Kepulauan Marshall, Papua Nugini, Kepulauan Palau, Samoa, dan Tuvalu. Untuk kepulauan Karibia, Anda dapat mengunjungi St Vincent and The Grenadines, Haiti, dan Dominica tanpa harus mengurus visa terlebih dulu

6. Zona Amerika
Sebanyak 7 negara di Benua Amerika memperbolehkan Anda masuk ke wilayah mereka tanpa harus mengajukan permohonan visa terlebih dahulu. Negara-negara tersebut yaitu Bermuda, Brazil, Chile, Kolombia, Ekuador, Guyana, dan Peru. Sedangkan negara seperti Bolivia, Nikaragua, dan Suriname memberlakukan Visa-on-Arrival untuk warga negara Indonesia.
Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda.

(Abdul Hamid)