Jakarta, Aktual.com – Kapolri Jenderal Pol Idham Azis langsung melakukan promosi dan mutasi sejumlah pejabat kepolisian. Rotasi ini merupakan yang pertama sejak Idham dilantik sebagai orang nomor satu di institusi Polri.
Hal tersebut tertuang dalam surat telegram bernomor ST/3020/XI/KEP/2019 tertanggal 8 November 2019. Sebanyak 170 perwira, baik menengah maupun tinggi yang harus dimutasi.
Asisten Kapolri Bidang SDM Irjen Eko Indra Heri mengatakan bahwa pimpinan merotasi pejabat di lingkungan Polri adalah bagian dari proses penyegaran dan sudah biasa dilakukan.
“Ini merupakan mutasi rutin menggantikan personel antara lain karena ada yang pensiun dan sebagainya,” kata Eko saat dikonfirmasi, Jumat (8/11).
Menurut telegram itu, Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Condro Kirono dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Polri. 
Kemudian, Kapolda Sumatera Selatan Irjen Firli Bahuri ditunjuk untuk menduduki jabatan yang ditinggalkan Condro.
Dengan demikian, Firli selain berstatus sebagai Ketua KPK terpilih yang akan dilantik pada Desember mendatang, dirinya juga mendapat kenaikan pangkat menjadi komjen atau bintang tiga.
Sedangkan untuk Kapolda Kaltim Irjen Priyo Widyanto akan menduduki jabatan Firli. Kemudian, Koorsahli Kapolri Irjen Muktiono akan dimutasi menjadi Kapolda Kaltim. Jabatan Koorsahli Kapolri yang kosong tersebut akan diisi oleh Irjen Refdi Andri. Refdi sebelumnya menjabat sebagai Kakorlantas Polri.
Kapolda Kepulauan Babel Brigjen (Pol) Istiono dipromosikan menduduki jabatan Kakorlantas Polri. Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen (Pol) Nico Afinta dimutasi sebagai Sahlisospol Kapolri. Nico akan menggantikan jenderal berbintang dua, Irjen Ike Edwin, yang dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Sospolsahli Kapolri.
Selanjutnya Koorspripim Polri Kombes Ferdy Sambo akan mendapat kenaikan pangkat dan menduduki jabatan sebagai Dirtipidum Bareskrim Polri. Direktur Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Polri Brigjen Fadil Imran dimutasi sebagai Sahlisosbud Kapolri. Wadirtipiter Bareskrim Polri Kombes Mohamad Agung Budijono akan menggantikan posisi Fadil.
(Fadlan Butho)