Jakarta, Aktual.com – Kementerian Agama mengingatkan masyarakat agar tidak tergoda dengan biro perjalanan yang menawarkan ibadah haji khusus maupun umrah berbiaya murah, karena berpotensi terjadi penipuan.

“Dalam layanan yang mereka berikan, pastikan apa yang mereka tawarkan,” ujar Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus, Jaja Jaelani, di Jakarta, Minggu(24/3).

Jaja menekankan perlunya kewaspadaan karena banyak kasus di mana vendor gagal menyediakan tiket dan visa, mengakibatkan jamaah gagal berangkat atau terlantar di Arab Saudi.

Masyarakat disarankan untuk memastikan keberadaan biro perjalanan dalam daftar penyelenggara perjalanan berizin melalui Sistem Komputerisasi Pengelolaan Terpadu Umrah dan Haji Khusus (Siskopatuh).

“Jangan tergiur dengan paket murah, bisa dicek apakah biro perjalanan yang menawarkan tersebut termasuk sudah berizin atau belum,” tambahnya.

Kementerian Agama telah memberikan sanksi berupa penghentian terhadap beberapa biro perjalanan yang terbukti menelantarkan jamaahnya.

“Tiga travel yang sudah kami hentikan. Pertama, penghentian sementara. Yang dua lagi pembekuan,” ungkapnya.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Firgi Erliansyah