Nilai tukar rupiah menguat. (ilustrasi/aktual.com)
Jakarta, Aktual.com – Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS (USD) pada perdagangan hari ini memang dibuka menguat tipis, namun begitu pelaku pasar mesti mewaspadai pergerakan rupiah tersebut.
Mengutip Bloomberg, Kamis (24/8) hari ini, rupiah dibuka di posisi Rp13.352 atau menguat lima poim dari pembukaan kemarin di level Rp13.358. Namun sayangnya selama sejam pertama masih cukup volatile dan mulai melemah ke posisi Rp13.357.
Menurut analis pasar uang dari Binaartha Sekuritas, Reza Priyambada sejauh ini ketahanan Rupiah pun kembali goyah dengan pergerakan melemah tersebut.
“Karena yang terjadi adanya sentimen dari penurunan suku bunga acuan BI terlihat seolah-olah tidak memberikan sentimen positif seperti halnya di pasar ekuitas dan obligasi,” kata Reza di Jakarta.
Karena idealnya, kata dia, dengan adanya pelonggaran moneter tersebut maka membuat aliran dana asing masuk ke dalam negeri kian besar dimana akan menjaga pasokan valuta asing (valas), sehingga akan menjadi penopang bagi Rupiah untuk terapresiasi.

()

(Wisnu)
1
2