Dalam acara pelatihan sosial media PKB Sekjen DPP PKB Abdul Kadir Karding mengingatkan kepada peserta pelatihan sosial media,program medsos ini memang menjadi program PKB dalam rangka mengembangkan sistem opini ke publik. Selain itu, PKB juga fokus untuk memperkuat database partai, termasuk database berapa jumlah warga Nahdliyin.

Jakarta, Aktual.com – Ketua Fraksi PKB MPR RI Abdul Kadir Karding menegaskan bahwa tidak ada pertentangan antara Pancasila dengan agama, termasuk dalam implementasinya.

“Sampai sekarang itu Pancasila tidak ada pertentangan dengan nilai-nilai agama, ini harus dipahami betul dengan tidak mempertentangkan antara Pancasila dan agama,” kata Karding dalam acara diskusi, di Komplek Parlemen, Senayan, Senin (3/10).

Menurut Karding, ketika norma dan nilai Pancasila sudah dipertentangkan dengan agama itu artinya tafsiran.

“Ketika ada pertentangan itu artinya tafsir. Dan tidak hanya terjadi di Pancasila saja, di agama pun ketika ada tafsir tentu akan menimbulkan pertentangan, sehingga muncul seperti Wahabi, Ahmadiyah, dan lainnya,” ujar dia.

Pernyataan Karding itu pun juga diamini Cendikiawan Muda Yudi Latif, bahwa norma dan nilai dari Pancasila tidak bisa dipertentangkan dengan agama.

“Pancasila itu tidak ada pertentangan dengan agama, Pancasila di agama Islam merupakan moral dalam kehidupan publik, dan begitu pula kata umat kristiani Pancasila merupakan moral dalam kehidupan di publik,” kata Yudi.

Sehingga, sambung dia, dalam membumikan Pancasila kepada masyarakat ataupun anak muda saat ini metode yang dilakukan dalam penyampaiannya harus berdasarkan pada pemahaman secara induktif.

“Pengajaran Pancasila itu sifatnya deduktif, mestinya pendekatan induktif dalam menjelaskan seseorang yang menjalankan setiap nilai kehidupannya sesuai Pancasila,” tandas dia.(Novrizal Sikumbang)

(Novrizal Sikumbang)

(Andy Abdul Hamid)