Jakarta, Aktual.com – Juru bicara Forum Diskusi Indonesia Maju yang juga aktivis 98, Tomi supriyadi mengusulkan agar KH As’ad Said Ali sebagai Kepala BIN menggantikan Budi Gunawan.

Menurut Tomi, As’ad punya banyak pengalaman di bidang intelijen.

“Dia orang sipil yang memiliki pengalaman sebagai intelijen. Dia juga pakar Intelijen dan sudah berpengalaman sebagai wakil kepala BIN selama 7 tahun,” ujar Tomi di Jakarta, Kamis (31/10).

Tomi menambahkan, prestasi lain yang dimiliki As’ad yakni memiliki jaringan komunikasi dan Informasi yang luas baik di dalam maupun di luar negeri, kemudian representasi ormas Islam terbesar, karena pernah menjadi Wakil Ketua Umum PBNU.

“Punya hubungan baik dengan RI 1 dan RI 2 sebagai pengguna informasi BIN. Kapasitas, kapabilitas, akseptabilitas, nasionalisme dan patriotisme As’ad Said Ali sangat teruji dan memenuhi syarat untuk dipercaya oleh Presiden Jokowi dan akan diterima pencalonannya oleh DPR RI,” ucap dia.

Sementara itu, lanjut Tomi, Jokowi membutuhkan sosok yang tangguh dan memahami permasalahan intelijen.

“Tentu saja sosok yang sarat dengan pengalaman yang siap kerja cepat, akurat dan bisa bekerja dalam senyap. Nah pada point ini As’ad Said Ali sangat tepat bila dipilih menjadi Kepala BIN,” ujarnya.

(Arbie Marwan)