Jakarta, Aktual.com – KH. M. Munawwir adalah putra KH. Abdullah Rosyad bin KH. Hasan Bashari. Guru pertama beliau adalah Ayah beliau sendiri. Sebagai targhib (penyemangat) nderes al-Quran, Sang Ayah memberikan hadiah sebesar Rp2,50 jika dalam tempo satu minggu dapat mengkhatamkannya sekali. Ternyata hal ini terlaksana dengan baik, bahkan terus berlangsung sekalipun hadiah tak diberikan lagi.

KH. M. Munawwir tidak hanya belajar qira’at (bacaan) dan menghafal al-Quran, tetapi juga ilmu-ilmu lain yang beliau timba dari para ulama di masa itu, diantaranya; KH. Abdullah (Kanggotan-Bantul), KH. Kholil (Bangkalan-Madura), KH. Shalih (Darat-Semarang), KH. Abdurrahman (Watucongol-Magelang).

Tidak puas sampai disitu, pada tahun 1888M, beliau melanjutkan pengajian Al-Quran serta pengembaraan menimba ilmu ke Mekah dan Madinah. KH. M. Munawwir juga ahli dalam Qira’ah Sab’ah atau 7 bacaan Al-Quran salah satunya adalah qiraah Imam Ashim riwayat Imam Hafsh.

Beliau menekuni al-Quran dengan riyadhah, yakni sekali khatam dalam 7 hari 7 malam selama 3 tahun, lalu sekali khatam dalam 3 hari 3 malam selama 3 tahun, lalu sekali khatam dalam sehari semalam selama 3 tahun, dan terakhir adalah riyadhah membaca al-Quran selama 40 hari tanpa henti hingga mulut beliau berdarah karenanya.

Setelah 21 tahun menimba ilmu di Tanah Suci, beliau pun kembali ke kediaman beliau di Kauman, Yogyakarta, pada tahun 1909 M. Sepulang dari Mekah, beliau lantas mendakwahkan al-Quran di sekitar kediaman beliau di Kauman. Tepatnya di sebuah langgar kecil milik beliau, tempat tersebut sekarang sudah menjadi Gedung Nasyiatul ‘Aisyiyyah Yogyakarta.

Pada 15 November 1910, Pesantren Krapyak mulai ditempati untuk mengajar al-Quran. Dilanjutkan dengan pembangunan Masjid atas prakarsa KH. Abdul Jalil. Di Pesantren Krapyak inilah beliau memulai berkonsentrasi dalam pengajaran al-Quran. Para santri sangat menghormati beliau, bukan karena takut, melainkan karena haibah, wibawa beliau.

Pengajian pokok yang diasuh langsung oleh KH. M. Munawwir adalah Kitab Suci al-Quran, yakni terbagi atas dua bagian; Bin-Nadzor (membaca) dan Bil-Ghoib (menghafal). Santri bermula dari surat al-Fatihah, lantas Lafadz Tahiyyat sampai dengan shalawat Aali Sayyidina Muhammad, kemudian surat an-Nas sampai surat an-Naba’, baru kemudian surat al-Fatihah diteruskan ke surat al-Baqarah sampai khatam surat an-Nas.

Tak Cuma Al-Quran yang diajarkan di dalam pesantren. Pelajaran Fiqih dan Tafsir pun turut diajarkan di dalam pesantren. Beliau mengajar secara sistem Musyafahah, yakni sorogan, tiap santri langsung membaca di hadapan beliau. jika ada kesalahan beliau langsung membetulkannya.

Adab (Tata Krama) dalam pengajian al-Quran sangat beliau tekankan kepada para santri. Berbagai aturan dan ta’ziran beliau berlakukan terhadap para santri. Untuk santri yang telah khatam, maka dipanjatkanlah doa untuknya langsung oleh KH. M. Munawwir, lantas diberikanlah baginya sebuah Ijazah, yang intinya berisi pengakuan ilmu dari guru kepada muridnya serta Tarattubur-Ruwat (Urutan Riwayat) atau Sanad dari Sang Guru sampai kepada Rasulullah Saw.

Hingga melahirkan murid-murid hebat yang meneruskan perjuangan di kampung masing-masing dalam penyeberan agama islam, khususnya pengajaran Al-quran, seperti KH. Arwani Amin (Kudus), KH. Badawi (Semarang), Kyai Zuhdi(Nganjuk), KH.Umar (Solo), KH. Hasbullah (Yogyakarta), dan masih banyak lagi.

Banyak jasa yang telah beliau lakukan demi agama Islam, khususnya pengajaran Al-Quran. Beliau, KH. M. Munawwir wafat ba’da Jum’at tanggal 11 Jumadil Akhir tahun 1942 M di kediaman beliau di komplek Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta. Selama sakit, selalu berkumandanglah bacaan surat Yasin 41 kali yang dilantunkan oleh rombongan-rombongan secara bergantian. Satu rombongan selesai membaca, maka rombongan lain menyusulnya, demikian tak ada putusnya.

Artikel ini ditulis oleh: