Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memberikan sambutan saat membuka Rapat Koordinasi Bidang Politik & Keamanan Tingkat Nasional di Kantor DPP PDI Perjuangan, Menteng, Jakarta, Kamis (3/5). Rakor bidang politik dan keamanan tingkat nasional tersebut dilakukan untuk menyambut tahun politik 2018 dan 2019. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com – Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri dalam dalam Kongres V PDIP menyampaikan pentingnya Pancasila dibumikan kepada seluruh masyarakat Indonesia secara luas.

“Dalam perspektif ideologis yang diajarkan Bung Karno kepada saya, Pancasila bukan suatu ideologi yang utopis. Pancasila adalah ideologi terbuka, yang kehadirannya dapat dirasakan oleh rakyat dalam wujud kesejahteraan dan keadilan sosial,” kata Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri di Denpasar, Kamis (8/8).

Pancasila merupakan ideologi, jalan hidup bangsa yang harus dipegang seluruh rakyat Indonesia. Tentunya hal tersebut sudah tidak menjadi perdebatan lagi dengan menumpangi ideologi lain.

“Saya tegaskan pula bahwa Pancasila adalah ideologi, jalan hidup bangsa Indonesia. Jangan diperdebat-debatkan lagi! Saya yakin, tidak ada satu pun dari kita yang sedang berupaya “mengakal-akali” pemilihan umum sebagai tumpangan ideologi lain. Saya percaya, tidak ada satu pun dari kita yang sedang meretas jalan, berkolaborasi dengan siapa pun mereka, yang ingin menggantikan Pancasila,” jelasnya.

(Abdul Hamid)