Jakarta, Aktual.com – Anggota DPR RI, khususnya anggota Komisi III DPR sangat berantusias mendukung Komjen Pol Budi Gunawan sebagai Kepala Badan Inteligen Negara (BIN). Diketahui, Budi Gunawan saat ini tengah menjalani uji kepatutan dan kelayakan sebagai calon Kepala BIN di Komisi I DPR RI.

Bahkan, beberapa anggota Komisi III DPR RI sempat berselfie ria di ruang rapat sembari memegang kertas bertuliskan “Komisi III Dukung “BG” sebagai Kepala BIN”. Padahal, Komisi hukum tersebut juga tengah menggelar rapat dengan MenkumHAM Yasonna H Laoly.

Dalam foto tersebut terlihat Anggota Komisi III, Masinton Pasaribu, Arsul Sani, Desmon J Mahesa dan Daeng Muhammad.

Saat rapat dengan MenkumHAM di skors beberapa menit, Ketua Komisi III DPR RI, Bambang Soesatyo pun menyempatkan diri melihat langsung jalannya uji kepatutan dan kelayakan yang saat penyampaian visi dan misi dilakukan secara terbuka.

Namun karena uji kelayakan dan kepatutan berjalan tertutup, Bambang meninggalkan ruang Komisi I DPR RI.

“Kita beri support moral kepada Pak Budi Gunawan,” kata Bambang

Bukan tanpa alasan, dukungan moral kepada Budi Gunawan dari Komisi III DPR RI ini pun juga memiliki sebab. Pasalnya, sewaktu menjadi calon Kapolri, Budi Gunawan pernah diuji oleh Komisi III DPR RI dan semua mendukung BG meskipun dimentahkan oleh istana.

Laporan: Nailin in Saroh

(Nebby)