Brigjen Pol Rikwanto

Jakarta, Aktual.com – Mabes Polri membenarkan adanya pertemuan antara Kepala BIN Budi Gunawan, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Gubernur Papua Lukas Enembe dan Kapolda Sumatera Utara Irjen Paulus Waterpao, yang fotonya tersebar luas ke publik, Kamis 14 September, kemarin.

Padahal, saat ini Gubernur Papua Lukas Enembe di duga terlibat kasus dugaan korupsi APBD tahun 2013-2016 yang sedang diusut Bareskrim Polri, salah satunya dana anggaran pendidikan. Sehingga rentan terjadi konflik kepentingan di tubuh Polri.

Menurut Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigjen Rikwanto pertemuan tersebut hanya sebatas membahas aspek keamanan wilayah Papua menjelang penyelenggaran Pilkada 2018 mendatang.

Ia juga menampik bahwa pertemuan tersebut bukan membahas dukungan terhadap presiden Joko Widodo pada Pilpres 2019 serta penandatangan 16 poin komitmen dengan Lukas Enembe selaku Gubenur Papua.

“Jadi pertemuan itu terkait akan diselenggarakan Pilkada serentak pada 2018, Polri dan BIN memandang perlu dilakukan konsilidasi terutama menyangkut dengan aspek keamanan,” ujar Rikwanto kepada wartawan, Jumat (15/9).

Dia menjelaskan, berdasarkan catatan ada beberapa konflik horizontal yang terjadi di Papua akibat dampak dari Pilkada 2017 seperti di Lany Jaya, Intan Jaya dan Puncak Jaya.

(Andy AbdulHamid)