Megawati

Jakarta, Aktual.com – Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarno menilai meskipun zaman sudah berubah, tapi sejatinya kolonialisme dan imperialisme masih ada di muka bumi.

Berbicara di penutupan konferensi internasional partai politik se-Asia (The 26th ICAPP Standing Commitee Meeting), di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Sabtu (23/4).

Saat ini, kata Mega, liberalisme dan kapitalisme muncul dalam isu global, keterbukaan informasi dan teknologi dan lingkungan. Kadang juga menyusup lewat hukum internasional.

Menurut dia, kondisi tersebut melahirkan kejahatan dalam berbagai sektor. “Seperti keuangan dan perbankan, narkotika, hingga perdagangan manusia,” ucap dia.

Dalam kesempatan itu, Mega juga menyinggung isu perdagangan perempuan. Indonesia, ujar dia, mendukung sepenuhnya rekomendasi terkait trans-national crime.

Menurut dia, rekomendasi itu harus disikapi langkah kongkrit lewat kerjasama antar Parpol. “Dalam memerangi women trafficking, drug trafficking, dan un-trade trafficking,” kata dia sambil mengapresiasi Jakarta Declaration yang dihasilkan ICAPP yang memiliki anggota 370 parpol dari 53 negara itu.

()