Kediri, Aktual.com – Para penyandang disabilitas di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, mengeluhkan minimnya dukungan fasilitas bagi mereka di lokasi tempat pemungutan suara (TPS), sehingga meminta KPU memberikan kelengkapan fasilitas.

“Dari pemilihan ke pemilihan, situasinya sama, fasilitas maupun sarana tidak mengakomodasi penderita difabel,” kata Ketua Himpunan Disabilitas Kabupaten Kediri Umi Salamah di Kediri, Senin (7/12).

Ia mengatakan, setiap kali pemilihan banyak penyandang disabilitas yang tidak mendapatkan fasilitas dengan baik. Padahal, hak sebagai warga negara juga sama, dan mereka pun ingin memberikan aspirasinya dalam pemilihan kepala daerah.

Umi yang ditemui dalam kegiatan sosialisasi pilkada untuk penyandang disabilitas di Pendopo Kabupaten Kediri mengatakan, kejadian itu bukan hanya menimpa rekan-rekannya yang sama penyandang disabilitas, bahkan dirinya juga mendapatkan perlakuan yang sama. Dalam pemilihan sebelumnya, di tempat pemungutan suara (TPS) tidak ada fasilitas untuk pegangan serta lokasi TPS agak naik, sehingga menyulitkan bagi dirinya yang menderita cacat di bagian kaki.

Ia sangat berharap, para penyandang disabilitas terutama di TPS dibantu diberikan sarana, agar memudahkan dalam memberikan hak suaranya. Ia juga berharap, hal itu benar direalisasikan dan tidak hanya terhenti di sosialisasi.

()

()