Jakarta, Aktual.com – Pemerintah diharapkan dapat memanfaatkan serta mengambil keuntungan terkait aktifitas perang dagang Amerika Serikat (AS) dan China. Sebab perang dagang tersebut berdampak pada perekonomian dunia, terutama Indonesia.

Pengusaha sekaligus politikus Sandiaga Uno menyampaikan peluang yang diperoleh Indonesia dari perang dagang adalah pertembuhan ekonomi dan terbukanya lapangan pekerjaaan.

“Bagaimana kita bisa melihat peluang dari perang dagang ini,” ujar Sandi saat menghadiri seminar internasional di Surabaya, Jawa Timur, ditulis Sabtu (30/11).

Menurut dia, peluang tersebut melalui program-program prioritas pemerintah. Ia menyebut, program prioritas pemerintah harus mengarah kepada kebijakan yang diperlukan agar ekonomi terus tumbuh.

Di depan ratusan mahasiswa Universitas Airlangga, perang dagang ini kata Sandi, harus diimbangi dengan program prioritas pemerintah.

“Karena anak-anak muda ini akan masuk ke bursa lapangan kerja dan kalau kita tidak menyiapkannya akhirnya nanti tidak bisa mendapatkan lapangan kerja yang berkualitas untuk anak muda sebagai penerus masa depan bangsa,” terangnya.

Dalam kesempatan ini ia mengatakan perlunya penambahan program prioritas pemerintah berkaitan dengan penciptaan lapangan kerja, salah satunya rencana pembentukan regulasi. Yaitu perumusan dua undang-undang, UU cipta lapangan kerja dan UU Pemberdayaan UMKM.

Seperti diketahui, lebih dari 97 persen ekonomi Indonesia berasal dari UMKM. Pemberdayaan UMKM ini kesempatan untuk kaum muda agar milenial dapat memulai starup teknologi yang saat ini disebut sebagai digital ekonomi.

(Zaenal Arifin)